Analisis rasio keuangan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan

Nava Yansi Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis rasio keuangan yang dilakukan pada perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan yang meliputi rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas serta rasio profitabilitas guna menilai kinerja keuangan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu diskriptif. Perhitungan rasio keuangan yang dilakukan dalam penelitian ini dengan time series dan cross sectional approach. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata rasio likuiditas PT Adhi Karya (Persero) Tbk memiliki nilai rata-rata current ratio dan quick ratio tertinggi sedangkan rata-rata cash ratio tertinggi dimiliki oleh PT Alam Sutera Realty Tbk. Nilai rata-rata rasio solvabilitas ketiga perusahaan menunjukkan jika PT Adhi Karya (Persero) Tbk mempunyai nilai rata-rata debt to equity ratio dan debt to asset ratio tertinggi sedangkan rata-rata long term debt ratio tertinggi dimiliki oleh PT Alam Sutera Realty Tbk. Nilai rata-rata rasio aktivitas tertinggi dari ketiga perusahaan adalah PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. yang menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan tersebut lebih efisien dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dibandingan kedua perusahaan yang diteliti. Jika dilihat dari nilai rata-rata rasio profitabilitas dari ketiga perusahaan, PT Alam Sutera Realty Tbk. mempunyai rata-rata tertinggi. Hal ini menandakan kemampuan PT Alam Sutera Realty Tbk. dalam mencari keuntungan atau laba dalam kurun waktu 3 tahun lebih efektif dibandingkan dengan perusahaan pesaing.

Kata kunci : Liquidity Ratio, Leverage Ratio, Aktivity Ratio, Profitability Ratio.


Keywords


Liquidity ratio; leverage ratio; aktivity ratio; profitability ratio

References


C. Van Horne, James dan John M. Wachowicz, Jr. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Kuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. (2008). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ketiga. Jakarta: ISBN.

Harahap, Sofyan Syafri. (2006). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harjito, D. Agus dan Martono. (2008). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Idx.co.id. (2018). “Laporan Keuangan dan Tahunan”. https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/. Diakses pada 8 April 2020 pukul 19.21

Kasmir, (2009). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kasmir, (2012). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Kelima. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Mudawamah, S., Topowijono, T., & Hidayat, R. R. (2018). Analisis Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Bank Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 54(1), 20-29.

Sudana, Made. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan: Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsuddin, (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usmar, Dani. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Pertumbuhan Laba. JURNAL WAWASAN DAN RISET AKUNTANSI, 3(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v18i1.7627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License


KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License

.

View My Stats