Efektifitas program pelatihan dan pengembangan terhadap kinerja karyawan

Asfia Nurhayati, Hanung Eka Atmaja

Abstract


Semakin berkembangnya zaman, setiap perusahaan atau organisai dituntut untuk selalu berinovasi dan selalu mengupdate setiap sumber daya manusia (SDM), yaitu dengan cara memberikan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawannya. Dengan adanya program pelatihan dan pengembangan diharapakan perusahaan atau organisasi mampu bersaing dengan perusahaan lainnya dalam segala bidang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas yang diperoleh dari adanya program  pelatihan dan pengembangan yang diadakan oleh kantor Bpjs Ketenagakerjasan Pusat serta wajib  diikuti oleh karyawan Bpjs Ketenagakerjaan di setiap cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Magelang memberikan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawannya berupa magang dan kewartaan jurnalistik serta Bpjs Ketenagakerjaan bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di dalam negeri maupun luar negeri untuk proses peningkatan pelatihan dan pengembangan karyawan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan adanya program pelatihan dan pengembangan mampu meningkatkan kinerja karyawan.


Keywords


Pelatihan; pengembangan; kinerja

References


(2018, September ). Retrieved Mei Senin, 2020, from Bpjs Ketenagakerjaan Lakukan Sinergi Pengembangan SDM: bpjsketenagakerjan.go.id

Diana Harding, A. L. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan SDM Sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi , Vol.2 No.2.

Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mangkunegara. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen , Vol.3 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v18i1.7589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License


KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License

.

View My Stats