Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan

Henrikus Egha Hanintyas Widiastomo, Andhatu Achsa

Abstract


Di era modern ini, teknologi semakin meningkat dan semakin hari kian berkembang. Pemasaran merupakan satu dari beberapa hal yang berperan dalam perusahaan, dimana dengan adanya strategi pemasaran perusahaan mampu menentukan seberapa besar penjualan yang akan dilakukan dan bagaimana strategi yang akan dilakukan. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk membantu mencari tau seberapa kuat dan bagaimana posisi PT. Astra Honda Motor Magelang sekarang berada. Sehingga dengan penelitian ini perusahaan dapat menentukan strategi apa yang akan dilakukan kedepannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Data didapatkan melalui informasi yang didapatkan saat magang dan menggunakan penyebaran kuisioner. Jumlah kuisioner disebar kepada 14 responden dengan metode probability sampling yaitu pengambilan sample dengan kriteria tertentu saja yaitu pada bagian pemasaran dan sales. Pencarian data informasi dilakukan saat magang periode bulan Januari - Februari 2020 dan penyebaran kuisioner pada Mei 2020. Hasil penelitian didapatkan bahwa PT. Astra Honda Motor Magelang berada pada kuadran 1 dengan jumlah kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness) sebesar 4,95 dan peluang (opportunities) dan ancaman (treats) sebesar 4,617. Posisi perusahaan pada kuadran 1 ini artinya perusahaan saat ini berada pada posisi yang sudah kuat dan on the track. Sehingga kedepannya perusahaan perlu melakukan ekspansi dan peningkatan penjualan.


Keywords


Strategi pemasaran; Penjualan; SWOT

References


Angelica, T. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Anisa Br Sinulingga, N. (2015). Pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada PT. Citramandiri Lestari Medan. Jurnal Mantik Penusa, 17(1), 60–64.

Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2018). Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi Dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, 5(2), 151–172. https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.151-172

Asse, R. A. Am. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 219–231.

Borza, S. I., & Borza, I. C. (2014). A Broad Analysis of Marketing Strategies for their Incorporation as Activities in a User Centred Process. Procedia Economics and Finance, 16, 239–250. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(14)00797-7

Fitriastuti, T. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi, Dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 103–114.

Gusrizaldi, R., & Komalasari, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2(2), 286–303. https://doi.org/10.1207/s15327914nc5502_1

Handika, M. R., Maradona, A. F., & Dharma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Manajemen Dan Bisnis Undiknas, 15(2), 192–203.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1 (Edisi 13). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta : Erlangga.

Nayazri, G. M. (2020). Honda Kuasai 75 Persen Pasar Sepeda Motor Indonesia.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.

Nuary, N. S. (2016). Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Analisis SWOT Pada PT. Super Sukses Motor Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 2(1), 30–42. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan dan Kalolondo Salatiga. Among Makarti, 5(9), 13–28. https://doi.org/10.1007/BF02532975

Quezada, L. E., Reinao, E. A., Palominos, P. I., & Oddershede, A. M. (2019). Measuring performance using SWOT analysis and balanced scorecard. Procedia Manufacturing, 39(2019), 786–793. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.430

Siswanto, H. (2017). Pengertian Penjualan.

Susila, I. (2015). Pendekatan Kualitatif Untuk Riset Pemasaran Dan Pengukuran Kinerja Bisnis. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 12–23.

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v18i1.7523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Henrikus Egha Hanintyas Widiastomo, Andhatu Achsa


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja