Perceived organizational support dan kinerja pegawai : leader member exchange sebagai mediator

Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi, Luh Kartika Ningsih, A.A.N. Eddy Supriyadinata Gorda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived organizational support dan leader member exchange terhadap kinerja pegawai di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sekabupaten buleleng. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM PLS Versi 3.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 84 orang sebagai responden, nilai t-tabel untuk tingkat signifikansi α = 0,05 dari 1,960. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis pada penelitian ini diterima. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa aspek-aspek yang ada di dalam perceived organizational support penting dilakukan demi mewujudkan peningkatan kinerja pegawai salah satunya adalah kesejahteraan pegawai. Saling menghormati dan loyalitas antara bawahan dengan atasan juga penting dilakukan untuk peningkatan kinerja pegawai.


Keywords


Perceived organizational support; kinerja pegawai; leader member exchange

References


AA. Anwar Prabu Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ariarni,Nurmalia dan Afrianty, Tri Wulida, 2017. Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Kinerja Karyawan dengan Employee Engagement sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Pos Indonesia Kota Madiun). Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis(JAB), Vol. 50 No. 4 September 2017.

Garg, S. & Dhar, R.L. 2014. Effects of Stress, LMX and Perceived Organizational Support on Service Quality: Mediating Effects of Organizational Commitment. Journal of Hospitality and Tourism Management, 21, 64-75.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS). Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hasibuan, Malayu S.P.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mursidta, Silviana. 2017. Pengaruh Perceived Organizational Support (Persepsi Dukungan Organisasi) dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Varia Usaha Beton Gresik. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 5 Nomor 1.

Pitoyo, J.Didik and Runing S.Hunik Sawitri. 2016. “Transformational Leadership, Meaning in Work, Leader Member Exchange (LMX), Job Performance Dan Work Engagement.†Jurnal Bisnis & Manajemen16(2):15–34.

Robbins, Stephen P and Maty Coulter. 2012. Management. Eleventh Edition. England : Pearson Education

Setiawan, Wijani Elisa, Puspita Lucy Hadi, and Marcus Remiasa. 2017. “Pengaruh Transformational Leadership dan Leader Member Exchange (LMX) Terhadap Kinerja Karyawan Di Moi Garden Surabaya.†Journal Of Universitas Kristen Petra1(Lmx):33–44.

Triaswimi, 2014. Pengaruh Leader-Member Exchange Dan Kepercayaan Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja pada karyawan PT. Telkomunikasi Indonesia Witel Malang. Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v17i2.7490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi, Luh Kartika Ningsih, A.A.N. Eddy Supriyadinata Gorda


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja