Analisis peluang bisnis jasa fotografi ”garis photography” dengan business model canvas dan analisis swot

Heru Bangkit Sanjaya, Danias Rahmanita Ruslan, Suci Rahma Sundari, Marsha Aulia Hakim, Mohammad Benny Alexandri

Abstract


Perkembangan bisnis/usaha di sector Fotografi dari tahun ketahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan, per tahun 2016 presentase usaha kreatif di sector fotografi adalah sebesar 0,45 persen, dan angka tersebut masih akan meningkat ditahun-tahun berikutnya. Banyak dari photographer-photographer di Indonesia merasa tertarik untuk membangun bisnis/usaha di sector fotografi, karena melihat peluang yang cukup besar,  namun diluar hal itu, para pengusaha harus tetap memperhatikan target pasar dan strategi bisnis mereka, salah satu cara untuk  mengetahui hal tersebut yaitu dengan pemodelan bisnis dengan Business Model Canvas dan melakukan analisis SWOT untuk mengetahui pengaruh-pengaruh dari factor internal maupun eksternal perusahaan.


Keywords


Fotografi; business model canvas; analisis swot; strategi bisnis

References


Freddy Rangkuti, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta

Hermawan, Francisca; Petrus Pius Salamin; Meiliana. Analisis SWOT, Bisnis Model Kanvas, dan Kelayakan Keuangan, Studi Kasus Bisnis AMIGURUMI M’S.

Nisak, Z. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis, 9(2), 468-476.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit alfabeta. Bandung. Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2008, usaha mikro kecil menengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v17i2.7429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINERJA

indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License


KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License

.

View My Stats