Customer value migration pada platform bermain online games

Lintang Pangestu, Sanaji Sanaji

Abstract


Industri online games telah menjadi salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia. Persaingan yang terjadi pada industri ini tidak hanya pada online game itu sendiri, tetapi juga terjadi pada platform yang digunakan. Seiring perkembangan teknologi, smartphone menjadi salah satu platform online games yang paling diminati, meninggalkan personal computer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model push-pull-mooring terhadap customer value migration yang terjadi pada perpindahan media bermain online games. Penelitian ini menggunakan model push-pull-mooring dengan pendekatan melalui customer switching behaviour untuk mengukur seberapa besar nilai customer value migration yang terjadi pada responden. Kuisioner disebar secara online kepada 184 responden. Data penelitian diolah menggunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil yang didapat, diketahui bahwa pull factors menjadi faktor yang memiliki pengaruh yang paling besar, lalu diikuti dengan push factor sebagai variabel dengan pengaruh terbesar kedua pada penelitian ini. Mooring factor tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer value migration. hal tersebut menunjukan bahwa media smartphone memiliki ketertarikan seperti kemudahan penggunaan dan fleksibilitas pemakaian dalam persepsi konsumen. Perkembangan teknologi dan kecakapan teknologi dari konsumen membuat mooring factors tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Keywords


Migrasi nilai pelanggan; media online games; mooring factors; push factors; pull factors

References


Ali, A., Wong, E., Meeker, G. and Gill, D. (2011) The Mobile Shopping Framework Study: The Role of Mobile Devices in the Shopping Process. Retrieved August 10, 2011,

Bansal, H. S., Taylor, S. F. and James, Y. S. (1996) ‘" Migrating " to New Service Providers : Toward a Unifying Framework of Consumers ’ Switching Behaviors’. doi: 10.1177/0092070304267928.

Butcher, D. (2011) Half of us Consumers Shop with Mobile Devices: Study, Retrieved 2011, August 10.

Chang, I., Liu, C. and Chen, K. (2014) ‘The push , pull and mooring effects in virtual migration for social networking sites’, pp. 323–346. doi: 10.1111/isj.12030.

Chen, Y. (2018) ‘Utilizing the Push-Pull-Mooring- Habit framework to explore users ’ intention to switch from offline to online real-person English learning platform’. doi: 10.1108/IntR-09- 2017-0343.

Cronin, J. Joseph, Michael K. Brady, and G. Tomas M. Hult. (2000). "Assessing the Effects of Quality, Value, and Customer Satisfaction on Consumer Behavioral Intentions in Service Environments?' Journal of Retailing 76 (2): 193-218.

Gautam duggad. (2017) ‘Value Migration Picking winners in disruptive times’, (January).

González-Piñero, M. (2017). Redefining the value chain of the video games industry. Elverum: Kunnskapsverket.

Hou, A. C. Y. et al. (2011) ‘Computers in Human Behavior “ Migrating to a new virtual world â€: Exploring MMORPG switching through human migration theory’, Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 27(5), pp. 1892–1903. doi: 10.1016/j.chb.2011.04.013.

Hsieh, J. et al. (2012) ‘Computers in Human Behavior Post-adoption switching behavior for online service substitutes : A perspective of the push – pull – mooring framework’, Computers in Human Behavior. Elsevier Ltd, 28(5), pp. 1912–1920. doi: 10.1016/j.chb.2012.05.010.

Jab, M. (2018) ‘Value Migration to the Sustainable Business Models of Digital Economy Companies on the Capital Market’. doi: 10.3390/su10093113.

Kotler P. & Armstrong G. (2006). Principles of marketing, (11th Ed.) Upper Saddle River: New Jersey: Prentice-Hall.

Lee, Everett S. 1966. "A Theory of Migration?' Demography 3:47-57.

Lyon, G. De (2014) ‘Managing customers through technology and business transitions’, (February).

Moon, Bruce. 1995. "Paradigms in Migration Research: Exploring 'Moorings' as a Schema." Progress in Human Geography 19 (4): 504-524.

Road, K. K. (2012) ‘An empirical study of consumer switching behaviour towards mobile shopping : a Push-Pull-Mooring model Jung-Yu Lai *, Sutapa Debbarma and Khire Rushikesh Ulhas’, 10(4), pp. 386–404.

Tang, D. (2014) ‘What determines online consumers to migrate from PC to Mobile Terminals ? -An empirical research on consumers ’ online channel-migration behaviors’.

Zhang, Kem Z. K. (2008). “Understanding the Blog Service Switching in Hong Kong: An Empirical Investigation.†Proceedings of the 41st Annual Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS 2008) : 269-269.

Video Games Indsutry Statistics, Trends, & Data. (n.d.) retrieved from https://www.wepc.com/ (accessed 1 July 2019)




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v17i2.7041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lintang Pangestu, Sanaji Sanaji


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja