Pengaruh pelatihan, motivasi dan modal usaha terhadap minat berwirausaha di uptd llk ukm kabupaten ende

Gabriel Tanusi, Yulius Laga

Abstract


Salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten Ende dalam mengatasi masalah pengangguran adalah memberikan pelatihan kerja, motivasi dan menyediakan akses ke pendanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan kerja, motivasi dan modal bisnis terhadap minat wirausaha pada peserta di UPTD LLK UKM Ende, baik secara simultan maupun parsial serta faktor yang paling dominan mempengaruhi minat wirausaha. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 128 peserta pelatihan kerja di UPTD LLK UKM Ende. Sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pelatihan kerja, motivasi, faktor modal usaha berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat pengusaha dengan nilai 71,50 persen dan faktor pelatihan kerja yang paling dominan berpengaruh terhadap minat pengusaha dengan t hitung > t tabel yaitu nilai 7,375 dengan signifikan 0,000 <0,05. Temuan-temuan empiris ini mengidentifikasi bahwa Pemerintah Kabupaten Ende perlu meningkatkan pelatihan kerja terus-menerus dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut dan magang dengan perusahaan, perlu terus memotivasi dan menyediakan akses ke pendanaan melalui pinjaman lunak untuk menciptakan wirausahawan baru di Kabupaten Ende


Keywords


Pelatihan; motivasi; modal; minat berwirausaha

References


Agusta, L. and Sutanto, E. (2013) ‘PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV HARAGON SURABAYA’, Agora.

Andayani, N. R. and Makian, P. (2016) ‘pengaruh pelatihan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan bagian pt. pci elektronik international (studi pada karyawan pt pci elektronik Iinternational)’, Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis.

Aprilianty, E. (2013) ‘Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK’, Jurnal Pendidikan Vokasi. doi: 10.21831/jpv.v2i3.1039.

Arifin, A. and Sani, N. M. (2019) ‘Analisis Data Jumlah Pasar Tenaga Kerja di Indonesia Tahun 2015-2018’, Kinerja, 16(2), pp. 108–117.

Badan Pusat Statistik (2019) ‘Ende dalam Angka 2019’, Ende: Badan Pusat Statistik Kabupaten Ende.

Kadarsih, Retno ; Susilaningsih,; Sumaryati, S. (2013) ‘Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fkip Uns’, Jupe UNS.

Kementerian Tenaga Kerja (2003) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, Republik Indonesia.

Komsi, K. (2013) ‘Analisis Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal terhadap Minat Berwirausaha’, Proceeding PESAT.

Kristiansen, S. and Indarti, N. (2004) ‘Entrepreneurial Intention Among Indonesian and Norwegian Students’, Journal of Enterprising Culture, 12(01), pp. 55–78. doi: 10.1142/s021849580400004x.

Mandey, S. and Sahangggamu, P. (2014) ‘PENGARUH PELATIHAN KERJA, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT DANA RAYA’, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Mulyadi, R., Hidayati, T. and Maria, S. (2018) ‘Pengaruh Perencanaan Karir , Pelatihan dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan The Influence Of Career Planning , Training and Career Development On Employee Performance’, Journal Kinerja .Feb.Unmul.Ac.Id, 15(1), pp. 29–37.

Nugroho, A. A. V. dan T. R. D. A. (2015) ‘Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura’, Agriekonomika.

Primadona (2015) ‘Peranan Modal Sosial Dan Modal Manusia Dalam Wirausaha’, Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akutansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Purwanti, E. (2012) ‘Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga’, Among Makarti.

Setiawan, D. and Sukanti (2016) ‘Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha’, Jurnal Profita.

Siswadi, Y. (2013) ‘Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Pembelajaran Kewirausahaan yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha’, Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Sudibya, I. G. A. and Utama, I. W. M. (2013) ‘Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum’, Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan.

Suharti, L. and Sirine, H. (2012) ‘Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention)’, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. doi: 10.9744/jmk.13.2.124-134.

Wanto, S. F. (2014) ‘Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Seyegan’, Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin.

Wardana, M. B. A. (2018) ‘PENGARUH MOTIVASI DAN PELATIHAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN WAROENG “SPESIAL SAMBAL†CABANG JALAN PERUMNAS, DI KECAMATAN DEPOK, SLEMAN’. Univesitas Pembangunan Nasional" Veteran" Yogyakarta.

Wonokerto, D. I. D. (2012) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengharuhi Minat Wirausaha’, Jurnal dari UIN Hari Kamis.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v17i1.6717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gabriel Tanusi, Yulius Laga


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja