Indikator penting dalam motivasi, kinerja karyawan, disiplin kerja, mutu pelayanan dan kepuasan kerja

Ni Putu Sintya Paramita, Ida Ayu Oka Martini

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi, kinerja karyawan, disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Badung dan untuk mengetahui pengaruh motiviasi, kinerja karyawan, disiplin kerja dan mutu pelayanan terhadap kepuasan kerja di UPT Puskesmas Badung. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh positif signifikan motivasi terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,421 dan nilai t statistic sebesar 4,225; 2) Pengaruh negative tidak signifikan motivasi terhadap kepuasan kerja  dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,030 dan nilai t statistic sebesar 0,374; 3) Pengaruh positif tidak signifikan disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,184 dan nilai t statistic sebesar 1,741; 4) Pengaruh positif signifikan kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,302 dan nilai t statistic sebesar 2,915; 5) Pengaruh positif signifikan disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,184 dan nilai t statistic sebesar 1,741 lebih kecil dari 1,980 artinya ada pengaruh positif yang tidak signifikan disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatandi UPT Puskesmas Kuta II Badung; 6) Pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,253 dan nilai t statistic sebesar 2,716; dan 7) Pengaruh positif signifikan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,417 dan nilai t statistic sebesar 2,985.


Keywords


Motivasi; kinerja karyawan; disiplin kerja; mutu pelayanan kesehatan; kepuasan kerja

References


Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga.

Chaudhary, N. and Sharma, B. (2012). Impact of Employee Motivation on Performance in Private Organization. International Journal of Business Trend and Technology.

DepKes RI. 2006. Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit Di Indonesia. Revisi 1I, Direktorat Jenderal Pelayanan Medik

Fadel, Muhammad.2009. Reinventing Government (Pengalaman Dari Daerah). PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Hasibuan, Malayu, 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen Sumber dan Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar P 2005, ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, Cetakan keenam, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Permenkes RI No. 75 tahun 2014 tentang puskesmas www.depkes.go.id/resources/download/peraturan/pmk-no-75-th-2014-ttg-puskesmas.pdf.

Rivai, Veithzal.(2004).Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Robbins, S.P., & Judge, T. (2011). Organizational behavior (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Robbins, S.P dan Judge T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, Sondang, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sutrisno, E. (2012). Sumber Daya Manusia. Surabaya:Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v17i1.6600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ni Putu Sintya Paramita, Ida Ayu Oka Martini


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja