Dampak transaksi jual beli dengan pengembalian menggunakan permen terhadap omzet penjualan

Gunawan Syahputra, Hambali Hambali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kasir maupun owner toko untuk tidak melakukan transaksi jual beli dengan memberikan permen sebagai alat pengembalian yang juga berdampak terhadap penurunan omzet penjualan. Penelitian ini menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil awal penelitian menunjukkan bahwa terjadi kekecewaan konsumen terhadap penggunaan permen sebagai alat pengembalian. Dilakukan diskusi dengan owner toko untuk tidak memberikan permen sebagai alat pengembalian. Setelah dua bulan dilakukan ujicoba, diperoleh data survey bahwa pelanggan merasa puas dengan kondisi yang ada. Omzet penjualan juga meningkat walaupun tidak signifinikan. Dapat disimpulkan bahwa transaksi jual beli dengan tidak menggunakan permen sebagai alat pengembalian dapat meningkatkan omzet penjualan.


Keywords


Jual beli; permen; omzet

References


D. Oktivana, Yuanitasari, D. & Singadimedia, H.N., Penyuluhan Hukum Mengenai Hak Konsumen Dalam Mendapatkan Pengembalian Pembayaran Dalam Bentuk Uang Pada Transaksi Jual Beli, Dhamakarya, vol. 3, no. 1, pp. 4042, 2014.

S. Mujiatun, Juali Beli Dalam Perspektif Islam: Salam dan Istisna, JRAB J. Ris. Akutansi Bisnis, vol. 13, no. 2, 2014.

W. Darmabrata, & Hertanto, A.W., Jual Beli dan Aspek Peralihan Hak Milik Suatu Benda (Dalam Konstruksi Gadai Saham), J. Huk. Pembang., vol. 35, no. 1, pp. 4865, 2017.

T. Adelia, Kajian Hukum Terhadap Pengembalian Uang Koin Dalam Bentuk Permen Kepada Pelanggan yang Dilakukan Oleh Pelaku Usaha, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011. 2018.

F. Ariestya, Bachtiar, M. & Fitriani, R., Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Menerima Alat Pembayaran yang Tidak Sah dalam Transaksi Jual Beli Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, J. Online Mhs. Fak. Huk. Univ. Riau, vol. 2, no. 2, 2015.

R. Abdullah, Pengaruh Harga Dan Tempat Terhadap Omzet Penjualan Pada Usaha Manik-Manik Milik Ibu Rita Di Tenggarong, J. Ekon. Manaj. Indones., vol. 8, no. 2, 2016.

J. Supranto, Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

A. Arviantama, Hasiholan, B, Purwana E.G., & Darsin, D., Peningkatan Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Untuk Kepuasan Pelanggan Agar Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Gedung Serbaguna DPPPKAD Kabupaten Semarang), J. Manage., vol. 3, no. 3, 2017.

F. Florensia, Widodo, J, & Kartini, T., Analisis Trend Omzet Penjualan Sepatu dan Sandal di CV. Pribadi Tiga Kota Mojokerto Tahun 2015-2017, J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 12, no. 2, pp. 17, 2018.

S. Tarigan, Hubungan Promosi Pemasaran dan Saluran Distribusi Dengan Peningkatan Omzet Penjualan Padu PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PERSERO) Cabang Medan, Sultanist, vol. 1, no. 1, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v16i2.6060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KINERJA

 
 
 

Indexing:
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
Creative Commons Licence

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen  ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a  Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License
.

 
 
 
View My Stats