Pengaruh budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru SMA swasta sultan agung pematangsiantar

Grace Endang Pakpahan, Juara Simanjutak, Sihol Nababan, Acai Sudirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar baik secara simultan maupun parsial . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru sementara variabel terikat adalah kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar yang terdiri dari 45 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dan kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Sedangkan budaya organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan secara parsial budaya organisasi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja guru.

Kata Kunci: Budaya Organisasi; komunikasi; kompetensi guru, kinerja guru

 

The influence of organizational culture, communication, and communication on teacher performance of Sultan Agung High School Pematangsiantar

 

Abstract

This study aimed to test whether organizational culture, communication and teacher competence on teacher performance of sultan agung high school pematangsiantar both simultaneously and partially. Independent variabel in this study is the organizational culture communication and teacher competence. The dependent variabel is teacher performance. This research was conducte on teacher of Sultan Agung Pematangsiantar high school consisting of 45 respondents. This type research is quantitative research. method data collection using interviews, observation and distributing questionnaires. Data analysis using multiple linear regres sion. The results showed that communication and teacher competence is positive and significant effect towards teacher performance both simultaneously and partially. While simultaneous organizational culture has a positive and significant effect on teacher performance and partially organizational culture has a positive but not significant effect on teacher performance.

Keywords: Organizational culture; communication; teacher competence, teacher perfomance

Keywords


Budaya Organisasi; komunikasi; kompetensi guru, kinerja guru

References


Agung, Lilik. 2007. Human Capital Competencies. Jakarta : Elex Media Komutindo.

Dewi, Sutrisna. 2007. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Iphank, F. L. H., & Ardiana, I. D. K. R. (1990). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru. Jurnal Mahadhika, 4950, 854–861.

Lie, Darwin.2012. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Sekolah, Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Dan Komitmen Guru Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Pada SMA di Lima Kabupaten-Kota Provinsi Sumatera Utara). Bandung: Universitas Paundan. Disertasi.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Manik, S., & Syafrina, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.31849/jieb.v15i1.72

Rahawarin, C., & Arikunto, S. (2019). Pengaruh Komunikasi, Iklim Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 173–188. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6334

Rakiro Ochieng, K., Kiplagat, P., & Nyongesa, S. (2017). Influence of Teacher Competence on Mathematics Performance in KCSE Examinations Among Public Schools in Nyatike Subcounty, Migori County Kenya. International Journal of Secondary Education, 4(5), 44. https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160405.11

Robbins, Stephen. 2006. Perilaku Organisasi, Edisi ke Sepuluh. Jakarta : Prenhallindo.

Solihin, Ismail. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sutrisno, Edy. 2010. Budaya Organisasi, Edisi Pertama, Cetakan ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Turangan, J. K. (2017). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA, 5(2), 1402–1411.

Undang Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v16i2.5640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Grace Endang Pakpahan, Juara Simanjutak, Sihol Nababan, Acai Sudirman


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja