Pengaruh sistem kerja kontrak dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan erha clinic

Maryam Dunggio, Saepul Basri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penagruh sistem kerja kontrak dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Perusahaan Erha Clinic dengan menggunakan analisis SEM-PLS. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa penerapan sistem kerja kontrak yang sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan antara pekerja dan perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selain itu, motivasi kerja yang tinggi akan meningkatkan kinerja karyawan. Meskipun demikian, berdasarkan nilai path coefficient, pengaruh motivasi kerja lebih besar terhadap kinerja karyawan dibandingkan dengan pengaruh sistem kerja kontrak terhadap kinerj karyawan. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan dengan tetap memperhatikan penerapan sistem kerja kontrak yang sesuai dengan ketentuan pemerintah.


Keywords


Sistem kerja kontrak; motivasi; kinerja karyawan

References


Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I dan Latan, H. (2014). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris, Edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J., Black, B. Babin., Anderson, R. And Tatham, R. (2006). Multivariat Data Analysis. 6th Edition. Upper Saddler River, NJ: Prentice-Hall.

Hasibuan, M.S.P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Larasati, S dan Gilang, A. (2014). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wilayah Telkom Jabar Barat Utara (Witel Bekasi). Jurnal Manajemen dan Organisasi. V(3): 1-14

Mallu, S. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 1(2): 36-42.

Mangkunegara, A.A.A. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A.A.A.P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta: Refika Aditama.

Retnosari, I., Budi, L., Haryono, A.T., (2016). Pengaruh Sistem Kerja Kontrak, Kompensasi, dan Career Path Terhadap Corporate Performance dengan Kinerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening. Journal of Management. 2(2):1-12.

Solimun. (2015). Model Pengukuran dan Overview Analisis PLS. Workshop Metode Kuantitatif SEM-PLS. Universitas Udayana Denpasar 27 28 November.

Suparno,E.W. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor. 13 tahun (2003 tentang Ketenagakerjaan

Widyana, I.G.N., Sintasih, D.K., Riana, I.G. (2016). Efek Pemoderasian Status Kepegawaian Pada Pengaruh Motivasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan, Jurnal Manajemen, Strategi dan Kewirausahaan. Jurnal Manajemen, Strategi dan Kewirausahaan. 10(1): 1-15.

Wijaya, T dan Andreani, F. (2015). Pengaruh Motivasi dan Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Sinar Jaya Abadi Bersama. AGORA. 3(2): 37-45.

Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia: Teori, Psikologi, Hukum Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian: Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v16i2.5357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 KINERJA

 
 
 

Indexing:
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
 
Creative Commons Licence

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen  ISSN print: 1907-3011  ISSN online: 2528-1127 is licensed under a  Creative Commons Attribution NonCommercial 4.0 International License
.

 
 
 
View My Stats