Determinasi transaksi dengan menggunakan uang elektronik di Indonesia

Authors

  • Debbie Aryani Tribudhi Trisakti University
  • Soeharjoto Soekapdjo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti, Jakarta Barat.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jkin.v16i1.5218

Keywords:

Jumlah transaksi keuangan elektronik, jumlah uang elektronik beredar, infrastruktur uang beredar, sustainable development goals (sdgs)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi transaksi dengan menggunakan uang elektronik di Indonesia, dengan menggunakan data runtun waktu, berupa bulanan, pada 2013-2017, dan berasal dari Bank Indonesia. Metodenya mengggunakan regresi, yang variabel terikatnya jumlah transaksi keuangan elektronik, serta variabel bebasnya berupa jumlah uang elektronik beredar dan  infrastruktur uang beredar. Adapun hasilnya adalah nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,8952, dengan variabel jumlah uang beredar elektronik dan infrastruktur uang beredar mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel jumlah transaksi uang elektronik di Indonesia. Kondisi ini kondusif guna mendukung SDGs di Indonesia, yang terkait dengan tujuan ke 9 dan 10.

References

Arafah, Willy., Lucky Nugroho, Rowlan Takaya, Soeharjoto Soekapdjo. (2018). Marketing Strategy for Renewable Energy Development In Indonesia Context Today. International Journal of Energy Economics and Policy. 8(5). 181-186.

Bappenas. (2017). Arahan Terkait Pencapaian Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Goals Development (SDGs). Sosialisasi Penyusunan RAD TPB/SDGs Semarang. 15 Desember.

Bank Indonesia. (2009). Laporan Sistem Pembayaran dan Pengedaran Uang. Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran, Direktorat Pengedaran Uang.

Cobb, C. W. and Douglas, P. H. (1928). A Theory of Production. American Economic Review. 18(1). 139–165.

Fisher, Irving. (1930). The Theory of Interest. New York: Macmillan.

Hansen, Don R. and Maryanne M. Mowen. (2008). Cost Management: Accounting and Control. 6th ed. South Western Educational Publishing.

Kotler, Philip T. and Gary Armstrong. (2017). Principles of Marketing. 17th ed. Pearson.

Kotler, Philip T. and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th ed. Pearson.

Nugroho, Lucky., Wiwik Utami, Caturida Meiwanto Doktorlina, Soeharjoto Soekapdjo, Tengku Chandra Husnadi. (2017). Islamic banking capital challenges to increase business expansion (Indonesia cases). International Journal of Commerce and Finance. Vol. 3. Issue 2. 1-10.

Peraturan Bank Indonesia No. 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik.

Pradana, Dedhy., Syarifah Hudayah, Rahmawati. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. KINERJA. 14(1). Januari.16-23.

Rahman, Shams-ur. (1998). Theory of constraints: A review of the philosophy and its applications. International Journal of Operations & Production Management, 18(4). 336 – 355.

Soeharjoto Soekapdjo, Lucky Nugroho, Ahmad Badawi, Wiwik Utami. (2018). Bad debt issues in Islamic bank: macro and micro influencing (Indonesia cases). International Journal of Commerce and Finance. Vol. 4, Issue 1. 10-26.

Soeharjoto. (2018). Kemampuan dan kinerja keuangan provinsi Kalimantan. AKUNTABEL. 15(2). September.131-138.

Sihotang, Ellen Theresia. (2016). Faktor penentu yang mempengaruhi penggunaan layanan internet banking. KINERJA. 13(1). Januari. 25-36.

The World Bank. (2018). Menuju Pertumbuhan Inklusif. Indonesia Economic Quarterly. Maret

Usman, Bahtiar., Syofriza Syofyan, Lucky Nugroho, Soeharjoto. (2018). Foreign Bank Penetration And Its Impact On Banking Industries. Eurasian Journal of Economics and Finance. 6(1), 64-83.

www.Bi.go.id

Published

2019-03-09

How to Cite

Tribudhi, D. A., & Soekapdjo, S. (2019). Determinasi transaksi dengan menggunakan uang elektronik di Indonesia. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 78–84. https://doi.org/10.30872/jkin.v16i1.5218

Issue

Section

Articles