Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan siswa memilih sekolah menengah kejuruan swasta di surabaya

Asyidatur Rosmaniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bauran pemasaran jasa di SMK Muhammadiyah dan mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa secara simultan serta pengaruh bauran pemasaran jasa secara parsial terhadap keputusan siswa memilih SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Fungsi  pemasaran  dalam  pendidikan adalah membentuk citra  baik terhadap  lembaga,  dalam  rangka  menarik  minat  sejumlah  calon  siswa, bauran  pemasaran  jasa  pada  lembaga  pendidikan  adalah  elemen-elemen organisasi pendidikan yang dapat dikontrol oleh organisasi dalam melakukan komunikasi dengan peserta didik dan akan dipakai untuk memuaskan peserta didik. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, menggunakan 195 responden sebagai sampel dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner yang memuat pernyataan yang harus dipilih oleh responden, dokumentasi berupa data siswa selama 5 tahun terakhir dan pengamatan terhadap kondisi sekolah. Setelah data terkumpul dilakukan teknik analisis regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana, dan proses berpengaruh terhadap keputusan siswa, dimana pengaruh tersebut positif dan signifikan. Secara parsial produk, harga, promosi, lokasi dan bukti fisik memiliki pengaruh positif dan signifikan, sedangkan orang/SDM dan proses mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan siswa. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah menambah variabel independen dalam model penelitian sehingga dapat diperoleh hasil penelitian terkait dengan faktor yang berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih. Misalnya variabel citra sekolah, pengaruh lingkungan keluarga, dan sebagainya.


Keywords


Bauran pemasaran; keputusan siswa; pendidikan

References


Alma, Bucahri (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Alma, B. dan R. Hurriyati (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi (2010). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Benua, D.J, dkk (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Siswa Pada SMA Katolik Karitas Tomohon”. Jurnal EMBA. Vol.3 No.2 Juni 2015, Hal. 487-498.

Darmawan, Deni (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gusdiandika, R. dan K. Sinduwiatmo (2012). “Pengaruh Promosi Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Dalam Pemilihan SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo”. KANAL. Vol. 1 No. 1September 2012.

Ghozali, I. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Semarang : Penerbit Universitas Diponegoro.

Indah Wati, Ulfa dan Budhi Satrio (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Siswa Memilih SMA Barunawati Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4 No 7 Tahun 2015.

Indrayani, Rina (2011) “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pemilihan Perguruan Tinggi Serta Implikasinya Pada Kepuasan Mahasiswa”. Jurnal Logistik Bisnis. Vol. 2 No. 1 Februari 2011.

Kalsum, Eka Umi (2008) “Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Al-Azhar Medan”. Tesis. Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan. http://www.researchgate.net/publication/42322218... diakses tanggal 8 April 2016. Hal 19-30.

Kurniawati, Dyah (2013). “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun”. Widya Warta. No 01 Tahun XXXV II/Januari 2013.

Kotler. P. dan K. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jakarta : Penerbit PT. Prehallindo.

Kottler, P. dan G. Armstrong (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid pertama. Edisi kedua belas. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Lovelock, C dan L. Wright. (2012). Prinsip Manajemen Pemasaran Jasa. New Jersey:Prentice Hall.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Lupiyoadi, R (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Margaretha, Yolla. (2011). “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Beli pada Program Magister Manajemen Universitas Kristen Maranatha”. Semantik 2011. Bandung.

Maryati S. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kota Semarang. (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Diponegoro, Semarang. http://eprints.undip.ac.id/18273/1. Diakses tanggal 7 April 2016. Hal 41.

Muhyidin, Ujang (2015). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Barat”.Penelitian disajikan pada Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U) Tahun 2015.

Payne, A. (2008). Service Marketing. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Putra, Erwinsyah. M. Yunus dan Sulaiman. (2005). “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepercayaan Merek (Brand Trust) Dan Dampaknya Pada Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Politeknik Aceh”. Jurnal Manajemen Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Vol 4 No. 1 Februari 2015 p174-185.

Ratih, Hurriyati (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jakarta : Penerbit Alfabeta.

Santoso, Jarot T.B.(2014). “Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Siswa SMP N Di Kota Semarang Memilih SMK”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol. IX No. 1 Juni 2014 hal 1-20.

Santoso, S. (2011). SPSS Statistik Parametik. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komoutindo.

Schiffman, L. dan Leslie L. Kanuk (2006). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Soedijati, E.K. (2011) “Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa Pada Tiga Pts Terkemuka Di Kota Bandung”. Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar. Vol 15 No. 2 Tahun 2011.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sumadi (2011). “Pengaruh Bauran Pemasaran Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Program Pascasarjana”. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 1 No.2 Tahun 2011.

Tangkilisan, G., S.G. Oroh dan A.S. Soegoto. (2014). “Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Di SMKN 1 Manado”. Jurnal EMBA. Vol.2 No.4 Desember 2014, Hal. 269-277.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI.(2009). Manajemen Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Tjiptono, Fandy (2014). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Jakarta : Andi Publisher.

Tjiptono, Fandy (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

Wijaya, David (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan “Mengapa sekolah memerlukan marketing?”. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Zainal, Arnoldi (2013). “Analisis Pengaruh Kualitas dan Kepercayaan Orangtua/Wali Murid dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama Islam untuk Putra-Putrinya (Studi pada SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun)”. Jurnal Aplikasi Manajemen. Volume 11 Nomor 1.

Zainurin and Sabri (2011). ”Factors that Influence Parents’ Choice of Pre-Schools Education in Malaysia: An Exploratory Study”. International Journal of Business and Social Science




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v16i1.4628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asyidatur Rosmaniar


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja