Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada pt. ramayana lestari sentosa

Ferdinand Napitupulu

Abstract


Persaingan yang semakin ketat dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan, perusahaan perlu meningkatkan kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan harga yang relatif murah dan memberikan produk yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Harga dan kualitas produk Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa.  Hipotesis Penelitian ini yaitu Harga dan kualitas produk Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan teknik dokumentasi dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di PT. Ramayana Lestari Sentosa yang membeli produk sebanyak 184 orang. Adapun pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin, jadi jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 65 orang. Hasil penelitian persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah Y = 1,503 + 0,568 X1 + 0,510X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) dan Kualitas produk (X2) bernilai positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hal ini menunjukan harga dan kualitas produk dapat berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Secara parsial menunjukkan bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pengujian hasil secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pengujian hasil secara simultan menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada  PT. Ramayana Lestari Sentosa dan nilai koefisien determinasi sebesar 66,8% dan sisanya sebesar 33,2% dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti. Diharapkan PT. Ramayana Lestari Sentosa harus lebih meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengupayakan harga yang ditawarkan harus sesuai dengan permintaan pasar dan kualitas dari produk tersebut dan selalu memberikan produk terbaik kepada pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas kepada pelanggan.

Persaingan yang semakin ketat dimana semakin banyak produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan, perusahaan perlu meningkatkan kepuasan kepada pelanggan dengan memberikan harga yang relatif murah dan memberikan produk yang berkualitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Harga dan kualitas produk Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa.  Hipotesis Penelitian ini yaitu Harga dan kualitas produk Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kepuasan pelanggan Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan teknik dokumentasi dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di PT. Ramayana Lestari Sentosa yang membeli produk sebanyak 184 orang. Adapun pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin, jadi jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 65 orang. Hasil penelitian persamaan regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah Y = 1,503 + 0,568 X1 + 0,510X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) dan Kualitas produk (X2) bernilai positif terhadap kepuasan pelanggan (Y). Hal ini menunjukan harga dan kualitas produk dapat berpengaruh dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Secara parsial menunjukkan bahwa Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pengujian hasil secara parsial menunjukkan bahwa Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan. Pengujian hasil secara simultan menunjukkan bahwa Harga dan Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada  PT. Ramayana Lestari Sentosa dan nilai koefisien determinasi sebesar 66,8% dan sisanya sebesar 33,2% dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang tidak diteliti. Diharapkan PT. Ramayana Lestari Sentosa harus lebih meningkatkan kinerja perusahaan dengan mengupayakan harga yang ditawarkan harus sesuai dengan permintaan pasar dan kualitas dari produk tersebut dan selalu memberikan produk terbaik kepada pelanggan dengan menawarkan produk yang berkualitas kepada pelanggan.


Keywords


Harga; kualitas produk; kepuasan pelanggan

References


Boulter, 2009. The Art of HRD : Manusia & Kompetensi. Percetakan Gramedia. Jakarta.

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri, 2012. Manajemen Pemasaran, Cetakan. Pertaman, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS. (Center For Academic Publishing Service).

Kotler, dan Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, dan Amstrong, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Satu, Edisi Keduabelas. Cetakan Ketiga. Penerbit Indeks.

Kosasih, 2011. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : Grasindo.

Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Nitisusastro, 2013. Perilaku Konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Alfabeta: Bandung.

Rangkuti, Freddy, 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Grafika Mardi Yuana. Bogor.

Sangadji, Mamang dan Sopiah dan, 2013. Metodologi Penelitian, Penerbit Andi,. Yogyakarta

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenambelas, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sunyoto, Danang, 2013. Perilaku Konsumen, CAPS (Center of Academy Publishing Service). Yogyakarta.

Tjiptono, 2015, Strategi Pemasaran, ANDI, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v16i1.4408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ferdinand Napitupulu


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja