Pengaruh job embeddednes dan komitmen organisasi serta kepribadian terhadap kepuasan kerja pegawai dan kinerja pegawai pada universitas trunajaya bontang

Hellen Vera Simanjuntak

Abstract


Kinerja merupakan suatu kondisi yang harus diketahui dan dikonfirmasikan kepada pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu instansi dihubungkan dengan visi yang diemban suatu organisasi atau organisasi serta mengetahui dampak positif dan negatif dari suatu kebijakan operasional. Individu yang memiliki kinerja yang tinggi memiliki beberapa karakteristik, yaitu diantaranya: (a) berorientasi pada prestasi, (b) memiliki percaya diri, (c) berpengendalian diri, (d) kompetensi (mink, 1993: 128). Faktor pendorong meningkatnya kinerja pegawai adalah kepuasan kerja yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi kepada peningkatan kinerja organisasi (Gorda, 2004: 48). As’ad, (2000: 69) menyatakan bahwa kepuasan kerja merupakan hasil dari berbagai macam sikap yang terkait dengan pekerjaan dan faktor-faktor khusus seperti upah, supervisi, kestabilan pekerjaan, ketentraman kerja, kesempatan untuk maju, penilaian kerja yang adil, hubungan sosial di dalam pekerjaan, dan perlakuan atasan. Mathis dan Jackson (2001: 78), mengemukakan kepuasan kerja adalah keadaan emosi yang positif dari mengevaluasi pengalaman kerja seseorang. Handoko, (2000: 121), mengemukakan bahwa kepuasan kerja juga penting untuk aktualisasi diri pegawai. Menurut Robbins (2008: 241), kepuasan kerja adalah sikap umum seorang individu terhadap pekerjaan dimana seseorang dengan tingkat kepuasan kerja tinggi menunjukkan sikap yang positif terhadap pekerjaan. Panggabean, (2004: 61), menyebutkan bahwa pada dasarnya kepuasan kerja tergantung kepada apa yang diinginkan seseorang dari pekerjaannya dan apa yang diperoleh.


Keywords


job embeddednes; kepuasan kerja; kinerja pegawai

References


Algifari, 2000, Analisis Regresi: Teori, Kasus dan Solusi, Yogyakarta: Edisi Kedua, BPFE.

Amstrong, Michael. 2010. Human Resource Management, Pentonvillroad, London.

As’ad, Mohamad, 2008, Sumber Daya Manusia, Edisi IV, Yogyakarta: Liberty.

Daft, Richard L. 2002. Manajemen. Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.

Davis, Keith dan Newstorm, John W,2008,Organizational Behaviour: Human Behaviour at work, Mc-Graw Hill Companies, New York.

Dharma. Agus 2004. Manajemen Supervisi. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Desler, Gary. 2010. Human Resources Management, Eight Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Gibson et al. L. James, Donelly Jr H. James and Ivansevich M. John, 2001, Fundamental of Management, Eight, Richard D. Irwin Inc., New York.

Gitosudarmo & Sudita. 2000. Perilaku Keorganisasian Edisi Pertama. Erlangga, Jogjakarta.

Gomes, Faustino Cardoso, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Handoko, T. Hani, 2006. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, BPFE UGM, Yogyakarta.

Hasibuan, M. 2007. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Kouzes, J.M. & Posner, B.Z. 2007. The Leadership Challenge. 4th Eds. John Wiley and Sons.

Llyod. Byer, and Lislie W. Rue 2009. Management Skill and Apply Application, Richard D, Irwin.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi (Alih Bahasa V. A Yuwono, dkk). Edisi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: ANDI.

M. Manulang, 2009. Manajemen Personalia, Cetakan Ketujuh, Ghalia. Jakarta.

Maholtra, 2004, Metode Penelitian, Edisi Baru, Jakarta: Rineka Cipta.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2009. Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Martoyo, Susilo. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.

Muhammad, Arni, 2004. Komunikasi Organisasi. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Priyatno, Dwi. 2009. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta. MediaKom.

Purwanto. Djoko, 2003, Komunikasi Bisnis, Edisi Kedua Erlangga Jakarta.

Pace, Wayne dan Faules, Don F. 2006. Komunikasi Organisasi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Rangkuty, Fredy. 2005. Riset Pemasaran. Cetakan Ketiga. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Umum.

Rivai,Veithzal. 2005. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisi pertama, PT Raja Grafindo, Jakarta.

Robbins, Stephen P., 2007. Organizational Behavior. Tenth Edition. Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas. CV. Mandar Maju, Bandung.

Siagian, Sondang P. 2002. Peranan Staf dalam Manajemen. PT. Haji Masagung. Jakarta.

Simamora, H. 2005. Manajemen Sumber Daya manusia. Yogyakarta. STIE YKPN.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods. Bandung. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Model Analisis Jalur Untuk Riset Ekonomi. Bandung. Yrama Widya.

Terry. George R. 2009. Principle Of Management, Richard D. Irwin, Inc Homewood, Illinois Irwin Dorsey Limited.

Tohardi, Ahmad, 2004. Pemahaman Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Mandar Maju, Bandung.

Umar, Husein, 2009. Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, PT Gramedia Pustaka Utama, Bandung.

Wursanto I.G. 2002. Manajemen Kepegawaian Jilid 1. Kanisiu. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v15i2.4030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hellen Vera Simanjuntak


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja