Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor

Dedhy Pradana, Syarifah Hudayah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh bagi konsumen dalam membuat keputusan pembelian. Variabel independen terdiri dari Harga (X1), Kualitas Produk (X2) dan Citra Merek (X3). Variabel dependen adalah Keputusan Pembelian motor Honda Beat di Samarinda. Sampel berjumlah 78 responden yang diambil menggunakan teknik Insidental Sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, hasilnya yaitu Y = 9.619 + 0,255X1+ 0,068X2+ 0,179X3. Berdasarkan Uji F dan Uji t, hasil yang diperoleh bahwa variable Harga, Kualitas Produk dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,208 artinya model koefisien determinasi bagus. Hal ini menunjukkan bahwa 20,80% keputusan pembelian konsumen terhadap motor Honda Beat di Samarinda dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variable independen yaitu atribut produk, harga dan citra merek. Sedangkan sisanya 79,20% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti.


References


Aaker, David A. 1995. Building Strong Brands. The Free Press Publisher. New York

Aaker dan Joachimstahler. 2000. Marketing. Edisi Ketiga. Erlangga, Jakarta.

Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.

Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Undip. Semarang.

Gusniar, Bella. 2014. Pengaruh Citra merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Hand & Body Lotion Merek Citra. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang

Husein, Umar. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Jiang, Pingjun, Rosenbloom, Bert. 2005 Customer intention to return online : price perception, attribute-level performance, and saticfaction. European Journal of Marketing.

Kalfi, Masri. 2015. Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Kemping Merek Eiger Di Kota Padang.Universitas Negeri Padang. Padang

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran 2, Edisi Millenium, PT. Ikrar Mandiri, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12.Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007.Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke-12. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan. Indeks. Jakarta

Lamb, Hair Mc Daniel. 2004. Marketing. Seventh Edition. Thomson. Southwestern.

Monroe. 2003. Pricing Making Profitable Decision. The Mc Graw-Hill Companies. New York

Palmer, Adrian. 2001. Principles Of Services Marketing, Third Edition McGraw-Hill Companies, UK (United Kingdom)

Pride, W dan Ferrel. 2005. Marketing Principles. Edisi Terjemahan. Erlangga. Jakarta

Priyambodo, Ganjar. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Blackberry. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang

Rangkuti, Freddy.2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Edisi Pertama. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Ridhwan, R. M. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda All New Jazz. Universitas Brawijaya. Malang

Sekaran, Uma. 2009. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat. Jakarta

Stanton, William. 2001. Prinsip Pemasaran, Terjemahan Sundaru Dadu. Erlangga. Jakarta

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

________. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Suharso, Puguh. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan Filosofi dan Praktis. Cetakan Pertama. Jakarta

Sutisna.2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya. Bandung

Tandjung, J. W. 2004. Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi Kedua. Bayumedia. Malang

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi Ketiga. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Edisi Kelima. Andi Offset. Yogyakarta

Wahma, I Gede.2014.Pengaruh Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian MotorHonda Tipe MPV. Universitas Udayana. Denpasar




DOI: https://doi.org/10.30872/jkin.v14i1.2445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dedhy Pradana, Syarifah Hudayah, Rahmawati Rahmawati


Crossref logo 

Editorial Address

Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jkin.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Kinerja