Identifikasi persepsi konsumen menggunakan customer profile terhadap linkaja

Firmansyah Firmansyah, Nadya Novandriani Karina Moeliono

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen yang merupakan pengguna aplikasi mobile payment mengenai produk LinkAja di Kota Bandung dengan menggunakan Customer Profile. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi konsumen terhadap LinkAja berdasarkan alat identifikasi Customer Profile yang terbagi menjadi tiga blok yaitu: customer jobs, customer pains dan customer gains. Pertama yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment dengan jumlah penggunaan oleh konsumennya dalam sebulan berkisar antara satu sampai 10 kali dan paling banyak digunakan oleh konsumennya untuk melakukan pembelian pulsa, dapat membuat konsumennya merasa lebih baik setelah menggunakannya dan dapat memberikan rasa puas kepada konsumennya. Kedua yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment yang memberikan harga yang relatif lebih murah kepada konsumennya, tidak menghabiskan banyak waktu dalam penggunaannya, mudah digunakan oleh konsumennya, jarang terjadi gangguan pada saat penggunaannya namun disamping itu masih memiliki beberapa risiko yang dikhawatirkan terjadi saat penggunaannya. Ketiga yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment yang disenangi konsumen karena kemudahannya, dengan fitur beli pulsa pada LinkAja adalah fitur yang paling dinikmati oleh konsumen.

Keywords


Customer profile;persepsi konsumen; linkaja

References


Anonim. 2017. Mengenal GNNT. https://www.nontunai.com/kenali/mengenal-gnnt/, diakses 1 Januari2020.

Osterwalder, Alex. 2012. Value Proposition Canvas–Customer Profile.https://www.flickr.com/photos/osterwalder/8261213986/, diakses 1 Januari 2020.

Osterwalder, Alex, Yves Pigneur, Greg Bernarda, dan Alan Smith. 2014. Value Proposition Design. NewJersey: Wiley.

Putri, Shania. 2019. Identifikasi Persepsi Konsumen Melalui Customer Profile Map Terhadap ProdukAplikasi Sekampus Indonesia (Studi Pada Pra–launching Fitur Sekomunitas Aplikasi Sekampus).Jurnal Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.Yuniarti, Vinna S. 2015. Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Firmansyah Firmansyah, Nadya Novandriani Karina Moeliono


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen