Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna tokopedia

Ginanjar Rahmawan, Rizki Hidayat

Abstract


Keputusan Pembelian setiap orang terhadap suatu produk dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor,seperti keamanan, kemudahan, kualitas layanan, dan lifestyle. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmenganalisis pengaruh seperti keamanan, kemudahan, kualitas layanan, dan lifestyle terhadapkeputusan pembelian pada pengguna Tokopedia di kota Solo.Penelitian ini diukur denganmenggunakan kuesioner yang ditujukan kepada masyarakat solo yangpernah membeli di Tokopedia.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik analisisdata yang digunakan adalah uji instrument data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik ( ujinormalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas), analisis regresi berganda, dan uji hipotesis (uji t danuji R2) dengan bantuansoftwareSPSS 25.0for windows.Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwasecara parsial keamanan (X1), kemudahan (X2), kualitas layanan (X3),lifestyle(X4) berpengaruhsignifikan terhadap keputusan pembelian (Y) pada pengguna Tokopedia di kota Solo.Untuk penelitianselanjutnya disarankan untuk mencari variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi keputusanpembelian dan memperluas wilayah penelitian, serta menambah jumlah responden agar dapat mewakilikeadaan yang sebenarnya.

Keywords


Keamanan;kemudahan; kualitas layanan; lifestyle; keputusan pembeli

References


Aladwani, Adel M, (2002), “The development of two tools for measuring the easiness and usefulness of transactional Web sitesâ€, European Journal of Information Systems, 11(3), 223-234.

Ghozali, Imam, (2018), Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hartono, Jogiyanto, (2007), Sistem Teknologi Keperilakuan, Yogyakarta, Andi.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2007), Manajemen Pemasaran, Jakarta, PT. Indeks.

Kotler, Philip, (2011), Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta, Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, (2012), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta, Erlangga.

Lackermair, Georg; Daniel Kailer dan Kenan Kanmaz, (2013), “Importance of Online Product Reviewsfrom a Consumer’s Perspectiveâ€, Advances in Economics and Business, 1(1), 1-5.

Lestari, Indah T dan Widyastuti, (2019), “Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Belanja Online (Studi pada PenggunaTokopedia)â€, JurnalIlmuManajemen, 7(2), 478-484.

Malau, Harman, (2017), Manajemen Pemasaran, Bandung, Alfabeta.

Nawangsari, Sri dan Wahyu Ning Pramesti, (2017), “Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Tokopedia.com)â€, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 4(3), 385-394.

Sudjatmika, Fransiska Vania, (2017), “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian secara Online di Tokopedia.comâ€, Jurnal AGORA, 5(1), 1-8.

Sugiyono, (2017), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Sujarweni, V Wiratna, (2015),Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi Yogyakarta, Pustaka Baru Press

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2007), Service, Quality Satisfaction, Yogyakarta, Andi.

Utami, Christina Widya, (2010), Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Indonesia, Jakarta, Salemba Empat.

https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/, diakses pada tanggal 26 November 2019

http://id.wikipedia.org/tokopedia, diakses pada tanggal 26 November 2019

https://money.kompas.com/read/2019/10/10/203500026/ceo-tokopedia--boyolali lebih-berpotensi-daripada-bangkok-, diakses pada tanggal 26 November 2019

https://www.kompasiana.com/ryokusumo/5c2dd810677ffb20ac064d36/inilah-hasil-survey-online-shop-terbaik-2018-dan-potensi-skema-o2o-di-indonesia?page=all, diakses pada tanggal 26 November 2019




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ginanjar Rahmawan, Rizki Hidayat


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen