Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai

Ade Irma, Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerjapegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah asosiatif.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakanyaituseluruh pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima sebanyak 47 orang pegawaidengan sampel penelitian yaitu seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) Dinas Koperasi dan UMKMKabupaten Bima sebanyak 31 orang pegawai dengan sampling yang digunakan yaitu purposivesampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancaradan (4) studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresisederhana, korelasi sederhana, uji determinasi dan uji t (uji t dua pihak). Berdasarkan hasil penelitianmaka dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerjapegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima.

Keywords


Lingkungan kerja;kepuasan kerja

References


Annakis, J., Lobo, A., dan Pillay, S., 2011. Exploring monitoring, work environment and flexibility as predictors of job satisfaction within Australian call centres. Internasional Journal of Business and Management, 6(8), 75.

Edward L, Rifai. 2009. Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Studi Kasus Pada Giant CabangGraha Raya.

Handaru, Agung W, Try U dan I Ketut R.S. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di Rs “Xâ€. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol.4, No.1.

Hasibuan, Malayu S.P. 2013 Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan keempat. Jakarta, PT.Bumi Aksara.

Handoko, T.H., 2011, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, edisi dua. Yogyakarta: BPFE Jogjakarta.

Khoiriyah, Lilik. (2009) “Pengaruh Upah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Aji Bali Jayawijaya Surakartaâ€. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rivai, V., 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sunyoto, Danang. 2013. “Teori, kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (praktik penelitian)â€. Yogyakarta : CAPS (canter for academic publishing service).

Surodilogo, Leonardus.B. (2010) “Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT. Sumber Sehat Semarangâ€. Tesis, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sedarmayanti. 2011. Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan Serta Meningkatkan Kinerja untuk Meraih Keberhasilan, edisi pertama. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i2.7376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ade Irma, Muhammad Yusuf


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen