Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda

Ester Apriliyanti, Syarifah Hudayah, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh  Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Wisata tehadap Kepuasan Wisatawan. Penelitian ini menggunakan 80 responden wisatawan luar kota Samarinda sebagai sampel secara acak dan sederhana, analisis dilakukan dengan menggunakan model persamaan struktural (SEM) dan diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa Variabel Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Wisatawan, sedangkan variabel Sarana Wisata tidak berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Wisatawan di Citra Niaga Samarinda.


Keywords


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi dan Sarana Wisata tehadap Kepuasan Wisatawan. Penelitian ini menggunakan 80 responden wisatawan luar kota Samarinda sebagai sampel secara acak dan sederhana, analis

References


Abdillah, W dan Jogiyanto, H. M. 2009. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial least Square) untuk penelitian Empoiris. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.

Andreassen, Tor Wallin dan Lindestad, B. 1998. Customer Loyalty and Complex services :The Impact of Corporate Image on quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customer with Varying Degrees of ServiceExpertise.International Journal of Service Industry Management, Vol. 9 No.1, pp. 7-23.

Aksoy, Ramazan, and Kiyci, Sule (2011). “A destination image as a type of image and measuring destination image in tourism (Amasra case)”. EuropeanJournal of social science. Vol. 20, pp: 478-488.

Arjana, I Gusti Bagus, Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif edisi 1 cetakan 2, Rajawali Pers, Jakarta, 2016.

Basiya, R & Rozak, H A (2012), Kualitas Daya Tarik Wisata, Kepuasan dan Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Mancanegara di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Dinamika Kepariwisataan, 11 (2).

Bennet, Seaton, 1996, Marketing Tourism Products, Oxford:Alden Press.

Boerdirachminarni, Afrida. 2017, Analisa Kepusan Pengunjung Ekowisata Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis.

Coban, S.2012. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty the case of Cappadocia. Europeam Journal of Social Sciences, 29 (2) : 222-232.

Ghozali, Imam dan Latan Hengky 2015. Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smart PLS 3.0.Edisi 2. Semarang.

Gusneli, 2016, Pengaruh Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung ke Obyek Wisata Air Terjun Bayang Sani Kabupaten Pesisir Selatan, Jurnal Pariwisata.

Handoko, S (2017a), Desa Wisata Nglanggeran Retrieved April 3, 2017, www. Gunungapipurba.com.

Hanif, A, Kusumawati, A, Mawardi K, 2016, Pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan serta dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan, Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis.

Kennedy, S.H 1997. Nurturing corporate image. European Journal of Marketing, Vol. 11, no. 3, pp 120-164.

Kotler, P & Keller K.L, Manajemen Pemasaran, edisi 12, jilid 1, Jakarta, PT Indeks, 2007.

LeBlanc and Nha Nguyen, 1996. Ceus Use by Customer Evaluating Corporate image in Servis Firm. International Journal of Servis IndustryManagement, 7(2):44-56.

Lupiyoadi, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Salemba Empat, Jakarta.

A.J Muljadi, 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Paludi, Salman, 2016. Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E- Wom) Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Dan Loyalitas Destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Tesis, MM IBN Jakarta.

Putri, A, Farida, N, Dewi, S, 2012, Pengaruh Citra Destinasi Fasilitas Wisata dan Experiental Marketing terhadap Loyalitas melalui Kepuasan, Study kasus pada Pengunjung Domestik Taman Wisata Candi Borobudur, Jurnal Administrasi Bisnis.

Soebiyantoro, U, (2009), Pengaruh Ketersediaan sarana prasarana, sarana transportasi terhadap kepuasan wisatawan, Jurnal Manajemen Pemasaran, 4, pp. 16-22, http://doi.org/10.9744.4.1.pp.16-22.

Stevianus, 2014, Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung, Study Kasus Taman Margasatwa Ragunan Jakarta, Jurnal Ekonomi Bisnis.

Spilane, J.J. 1987. Pariwisata Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.Bandung.

Sangkaeng, S, Mananeke, L, Oroh, G, 2015, Pengaruh Citra Promosi dan Kualitas Pelayanan Obyek Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di obyek Wisata Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara, Jurnal EMBA.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, edisi 3, ANDI, Yogyakarta. Alma.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Sekretariat Negara, Jakarta 2009. Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Sekretariat Negara, Jakarta 2009. Indonesia.

Warpani P Suwardjoko, Warpani P Indira, Pariwisata dalam tata ruang wilayah, ITB, Bandung, 2007.

Zeithaml, Valerie.A, and Mary Jo Bitner.1996. ”Services Marketing.” Mc.GrawHill Company, New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v12i1.7308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats