Pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif pada pengguna aplikasi grab (grabfood)

Danang Kusnanto, Abidzar Achmadtyar Fazrul Haq, Ilyan Sandrian Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dari potongan harga dan pembelian impulsif pada aplikasi Grab (GrabFood) serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif mahasiswa Program Studi Manajemen 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang yang jadi pengguna aplikasi Grab (GrabFood). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan proporsional simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 142 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis verifikatif. Berdasarkan hasil analisis deskriptif yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa potongan harga berpengaruh positif dan pembelian impulsif juga berpengaruh positif. Kemudian berdasarkan hasil analisis verifikatif penelitian ditemukan pengaruh langsung yang menunjukkan bahwa potongan harga akan mendorong mahasiswa Program Studi Manajemen 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang dalam pembelian tidak terencana (pembelian impulsif) pada aplikasi Grab (GrabFood) dengan besar pengaruh potongan terhadap pembelian impulsif sebesar 43,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa dalam pengujian hipotesis maka tolak H0, yang dimana memiliki arti terdapat pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif.

Keywords


Potongan harga; pembelian impulsif

References


Asterrina, Febrya dan Tuti H. 2013. Pengaruh Discount Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada: Konsumen Centro Department Store Di Margo City). Depok.

Baskara, Indra Bayu. PENGARUH POTONGAN HARGA (DISCOUNT) TERHADAP PEMBELIAN TIDAK TERENCANA (IMPULSE BUYING) (studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember)

Dewi, Indri Kartika dan Andrian Kusumawati. 2018. Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013/2014 Konsumen Traveloka). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 56 (1): 155 163

Nadya, Nadya. "Peran Digital Marketing dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni." Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, vol. 1, no. 2, 2016, pp. 133-144.

Piri, Henry G. 2013. Kualitas Pelayanan Jasa Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Steiner Salon Manado. Manado.

Sidi, Agus P. "Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan." Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, vol. 12, no. 1, 2018, pp.1-8.

Simaremare, Sri Indah Vanettha dan Endah Mujiasih. 2018. Hubungan Antara Customer Value Dengan Impulse Buying Produk Fashion Pada Mahasiswi Angkatan 2017 Prikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 7 (4): 162 167

Sudrajat, R.H., Berlian P.S.P., dan Cindy N.P. 2017. Pengaruh Potongan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Pada Potongan Harga Di Iklan Televisi Bukalapak.Com Versi Hari Belanja Online Nasional 2015 Terhadap Minat Beli Remaja Di Kota Bandung). e-Proceeding of Management. 4 (1): 972 984

Fitri, Dessi Cahya. 2017. Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying di Giant Ekstra (Survey Pada Konsumen Giant Ekstra Hyperpoint Pasteur Bandung) [skripsi]. Bandung (ID): Universitas Komputer Indonesia.

Herdianti, Rusmi. 2016. Pengaruh Potongan Harga Dan Penataan Produk Terhadap Pembelian Impulsif Di Giant Hypermarket [skripsi]. Bandung (ID): Universitas Komputer Indonesia.

Melysa, Della. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Swalayan Surya Tirtayasa, Bandar Lampung [skripsi]. Bandar Lampung (ID): Universitas Lampung.

Saputra, T.R. 2017. Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonisme Dengan Kecenderungan Impulse Buying Terhadap Trend Fashion Pada Remaja Kota. Surabaya.

Yuliana, Wilman. 2011. Analisis Pelaksanaan Bauran Pemasaran Jasa Pada Restoran BMC (Bandoengshe Melk Centrele) Bandung [skripsi]. Bandung (ID): Universitas Komputer Indonesia.

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press

Sugiono. 2017. Metode Penelitian (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian Model Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.6973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Danang Kusnanto, Abidzar Achmadtyar Fazrul Haq, Ilyan Sandrian Fahmi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen