Pengaruh display produk, promosi below the line dan motivasi belanja hedonis terdahap keputusan pembelian impulsif

Syahrizal Fitrian Akbar, Irsan Tricahyadinata, Asnawati Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Display Produk (X1), Promosi Below The Line (X2) dan Motivasi Belanja Hedonis (X3) Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Y) Pada Distro Spark Store Di Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Display Produk, Promosi Below the Line dan Motivasi Belanja Hedonis secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif pada distro Spark store dan antara variabel independen diteliti, menunjukan bahwa variabel Promosi Below The Line memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan pembelian impulsif pada distro Spark store.


Keywords


Display produk; promosi below the line; motivasi belanja hedonis; keputusan pembelian impulsif

References


Adelaar, Thomas., Susan Chang, Karen M. Lancendorfer, Byoungkwan Lee, and Mariko Morimoto. 2003. Effects of Media Formats on Emotions and Impulse. Journal of Information Technology, 18, 247-266.

Arifianti, Ria. 2011. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket di Kota Bandung. Retrieved from Library Universitas Padjajaran.

Arnold, M.j, & Kristy E. Reynolds. 2003. Hedonic Shopping motivations. Journal of Retailing. Vol. 79, pp.77-95

Amiri, F., Jalal, J., Mohsen, S., and Tohid, A. 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation between These Factor. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 2(9), pp. 9413-9419.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.

C. Nielsen. 2007. Survei Of Consumer Behavior and Perception Toward Modern Retailand Traditional Trade Channels. Jakarta: Depatemen Perdagangan Indonesia.

Babin, B. J., Darden, W. R.& Griffin, M. (1994, March). Work and/or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value. Journal of Consumer Research, 20, 644-656.

Beatty, S.E.: Ferrell, M.E. (1998). Impulse Buying: Modelling Its Precursors. Journalof Retailing.

Budiharta, Kadek., dan Santika. 2015. Peran Emosi Positif Sebagai Pemediasi Pengaruh Stimulus Toko Terhadap Impulse Buying Pakaian di Matahari Departement Store Kuta Square. E-Jurnal Manajemen.Vol 4 No 3.

Buchari Alma, 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta.

Dewojati, Cahyaningrum. 2010. Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta : UGM Press.

Dharmmesta, Basu Swastha. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE.Yogyakarta.

Dian Firdausi Pradana, Dra. Sri Wahyuni, M.Si, Drs. Sutrisno Djaja, MM. 2013.Pengaruh Display Produk dan Program Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember (UNEJ).

Engel, J.F., Blackwell, R.D., Miniard, P.W, 2006. Consumer behavior.Ed. 10. Mason: Thomson South-Western.

Fatchur Rohman. (2009), “Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif sebagai Mediasi Pengaruh Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malangâ€, Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol. 7 No. 2, pp. 251-261.

Gültekin, B., dan Özer L., 2012, The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying, Journal of Economics and Behavioral Studies, Vol. 4, No. 3, Maret: pp. 180-189, (ISSN: 2220-6140).

Ma’ruf, Hendri. 2006. Pemasaran Ritel, Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Noorlitaria, Gusti; Suharno; dan Aldi, Saputra. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Impulse Buying Produk Jersey Sepak Bola Grade Ori Klub Eropa (Studi Kasus di Toko Fans Balikpapan). Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Mulawarman. Vol 3 No.4

Hatane, Samuel, 2006. Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumber Daya yang Dikeluarkan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Medias. Jurnal Manajemen Kewirausahaan. Vol 8 No 2, pp : 101-115.

Hair, Jr., Joseph F., et. al. (2011).Multivariate Data Analysis.Fifth Edition. New Jersey: PrenticeHall, Inc.

I’sana, Allan Dwi dan Rini Nugraheni. 2013. Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below The Line, dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Sri Ratu Departement Store. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Vol. 2, No. 2, pp 58-65, ISSN (Online) : 2337-3792.

Japarianto, E. and Sugiharto, S. 2011. Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income surabaya .Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 6, No. 1, pp.32-41.

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya on Targeting.Seri 9 Elemen Marketing. Mizan Pustaka. Bandung.

Kervenoael, Ronan De; D Selcen O Aykac; dan Mark Palmer, (2009), “Online social capital: Understanding e-impulse buying in practice,†Journal of Retailing and Consumer Services

Kosyu, Dayang Asning dan Kadarisman Hidayat dan Yusri Abdillah. 2014. Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 14 (2) 1 7.

¬¬¬¬¬¬Kotler, Philip, 2003.Marketing Management, Internasional Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008.Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kurniawan, Deny dan Yohanes Sondang Kunto. 2013. “Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying dengan Shopping Emotion Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Matahari Department Store Cabang Supermall Surabaya)â€. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Volume 1 Nomor 2 hal 1-8.

Loudon, D. L. & Bitta, A. J. 2003. Consumer Behavior Concept and Application(4th edition). Singapore McGraw-Hill.

Park,EunJoo,2006,Astructuralmodeloffashion-orientedimpulsebuyingbehavior,JournalofFashionMarketingandManagementVol.10No. 4, 2006, www.emeraldinsight.com/1361-2026.htm

Pentecost, R & Andrews, L.2010. Fashion Retailing and Bottom Line : The Effects of Generational Chorot, Gender, Fashion Fanship, Attitudes, and Impulse Buying On Fashion Expenditure. Journal Retailing and Costumer Service, 17(3) pp :43-52

Premananto, Gancar Candra. 2007. “Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Impuls Dengan Pendekatan Psikologi Lingkungan Dan Rantai Kausalitas.†Jurnal Antisipasi, Vol. 10, No. 1, Hal. 172-184

Rajagopal. 2010. Consumer Culture and Purchase Intentions Towards Fashion Apparel. Egade Business School, (March): 1-12.

Rangkuti, Fredy, (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Santy, Raeni Dwi., dan Adhipratama. 2013. Display Toko, Gaya Hidup dan Pembelian Impulsif (Penelitian Pada Konsumen Surf Inc Bandung). E-Jurnal Manajemen, Vol 11 No 1.

Schiffman & Kanuk, (2007), Perilaku Konsumen, dialihbahasakan oleh Zulkifli Kasip, Edisi Ketujuh, PT. Indexs. Jakarta.

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods for business (Metode Penelitian untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, Budhi Yadi. 2007. Konsumen Indonesia Sangat Sembrono.Marketing. Jakarta. Hal 86.

Sinaga, Inggird., Suharyono., dan Srikandi Kumadji. 2013. Stimulus Store Environment Dalam Menciptakan Emotional Response dan Pengaruhnya terhadap Impulse Buying (Survei pada Pembeli di Carrefour Mitra Malang). Jurnal Profit. Vol 6 No 2.

Subagio, H., 2011, “Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik, Motif Belanja Utilltarian dan Loyalitas Konsumenâ€, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 6, No 1, April: 8-21. Tian pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Solomon, Robert C & Kathleen M. Higgins. 1996. A Short History of Philosphy. New York: Oxford University Press. Diindonesiakan oleh Saut Pasaribu. 2002. Sejarah Filsafat. Yogyakarta.Yayasan bentang Budaya.

Sopiah, Syihabudhin, 2008, Manajemen Bisnis Ritel, Andi, Yogyakarta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tirmizi, Muhammad Ali, Rahman, Kashif-Ur, dan Saif, M. Iqbal. 2009. An Empirical Study of Consumer Impulse Buying Behavior in Local Markets.European Journal of Scientific Research, Vol 28 (4), pp522-532.

Utami, C.W., 2012, Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern), Jagakarsa, Jakarta: Salemba Empat.

Verplanken, B. and A. G. Herabadi (2001), “Individual Differences in Impulse buying Tendency: Feeling and No Thinking,†European Journal of Personality, Vol.15, pp. 71-83.

Wicaksono, Indra Dwi. 2015. Analisis Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response. Semarang. Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.6829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Syahrizal Fitrian Akbar, Irsan Tricahyadinata, Asnawati Asnawati


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen