Uji peran mediasi sikap terhadap produk pada hubungan faktor yang mempengaruhi minat beli produk

Adrianus Aditya Priyatna, Sentot Suciarto Athanasius

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi variabel sikap terhadap produk hijau pada hubungan pengetahuan produk, pengaruh sosial, dan harga produk terhadap minat beli produk. Sampel diperoleh dengan metode purposive dan snowball sampling sebanyak 200 responden. Sampel merupakan pengguna dan / atau pemilik kendaraan bermesin diesel. Analisis dilakukan menggunakan analisis jalur setelah melalui uji normalitas, evaluasi outliers, uji prasyarat dan uji kesesuaian model. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap terhadap produk mampu memediasi pengaruh pengetahuan produk terhadap minat beli produk namun tidak memiliki peran mediasi pada hubungan pengaruh sosial serta harga produk terhadap minat beli produk.


Keywords


Pengetahuan produk hijau; pengaruh sosial; harga produk hijau; sikap terhadap produk hijau; minat beli produk hijau

References


Bohlen, G., Schlegelmilch, B. B., & Diamantopoulos, A. (1993). Measuring ecological concern: A multi-construct perspective. Journal of Marketing Management, 9(4), 415–430. https://doi.org/10.1080/0267257X.1993.9964250

Bratt, C. (1999). The impact of norms and assumed consequences on recycling behavior. Environment and Behavior, 31(5), 630–656. https://doi.org/10.1177/00139169921972272

Keller, K. L. (2013). and Measuring , Brand Managing Customer-Based Equity. 57(1), 1–22.

Kurniawan, I., Santoso, S. B., & Dwiyanto, B. M. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Produk Sakatonik Liver Di Kota Semarang). STUDI MANAJEMEN DAN ORGANISASI Faculty of Economics and Business Diponegoro University, 4(2), 20–29. Retrieved from http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo

Kusuma, I. D., & Untarini, N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Niat Beli Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. 2.

Laroche, M., Bergeron, J., & Barbaro-Forleo, G. (2001). Targeting consumers who are willing to pay more for environmentally friendly products. Journal of Consumer Marketing, 18(6), 503–520. https://doi.org/10.1108/EUM0000000006155

Lee, K. (2009). (2009). Gender differences in Hong Kong adolescent consumers’ green purchasing behavior. Journal of Consumer Marketing, 26(2), 87–. Retrieved from https://sci-hub.tw/https://doi.org/10.1108/07363760910940456

M. Arif Maulana Lutfi. (2014). Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha V-ixion di Dieler Mataram sakti Kabupaten Nganjukر. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.

Muchlisin Riadi. (2018). Aspek, Jenis, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html

Ohtomo, S., & Hirose, Y. (2007). The dual-process of reactive and intentional decision-making involved in eco-friendly behavior. Journal of Environmental Psychology, 27(2), 117–125. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2007.01.005

Oliver, J. D., & Lee, S. H. (2010). Hybrid car purchase intentions: A cross-cultural analysis. Journal of Consumer Marketing, 27(2), 96–103. https://doi.org/10.1108/07363761011027204

Polonsky, M. J., & Rosenberger, P. J. (2001). Reevaluating green marketing: a strategic approach. Business Horizons, 44(5), 21–30. https://doi.org/10.1016/S0007-6813(01)80057-4

Rahmansyah, M. (2013). Pengaruh Green Marketing dalam Iklan Produk terhadap Keputusan Membeli Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanudin.

Rashid, N. R. N. A. (2009). Awareness of Eco-label in Malaysia’s Green Marketing Initiative. International Journal of Business and Management, 4(8), 132–141. https://doi.org/10.5539/ijbm.v4n8p132

Resmawa, I. N. (2017). Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention dengan Green Price sebagai Moderating Variabel pada Produk the Body Shop di Surabaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 1–11.

Sari, N. P., & Widowati, R. (2014). Hubungan Antara Kesadaran Merek , Kualitas Persepsian , Kepercayaan Merek dan Minat Beli Produk Hijau. Jurnal Manajemen & Bisnis, 5(1), 59–79.

Sen, S., Gürhan-Canli, Z., & Morwitz, V. (2001). Withholding Consumption: A Social Dilemma Perspective on Consumer Boycotts. Journal of Consumer Research, 28(3), 399–417. https://doi.org/10.1086/323729

Shamsuddoha, M. (2005). Realization on Green Marketing in Bangladesh. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.1302277

Sinnappan, P., & Rahman, A. A. (2011). Antecedents of green purchasing behavior among Malaysian consumers. International Business Management, Vol. 5, pp. 129–139. https://doi.org/10.3923/ibm.2011.129.139

Tarkiainen, A., & Sundqvist, S. (2005). Subjective norms, attitudes and intentions of Finnish consumers in buying organic food. British Food Journal, 107(11), 808–822. https://doi.org/10.1108/00070700510629760

Trikrisna, A., & Rahyuda, I. (2014). Perilaku Remaja Putri dalam Pembelian Produk Hijau “The Body Shop†di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(7), 1963–1982.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.6645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adrianus Aditya Priyatna, Sentot Suciarto Athanasius


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen