Analisis proses pemberian kredit

Setiawati Masril

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis proses pemberian kredit yang dilakukan Bank Bukopin Cabang Padang. Jenis penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu debitur Bank Bukopin yang mengajukan permohonan kredit. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Bukopin menganalisis CV “X” yang berpedoman dengan prinsip 6C dan 6A serta menilai dari laporan keuangan dengan metode analisis rasio yang berdasarkan rasio likuiditas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas yang merupakan rasio paling utama bagi analis kredit yaitu dipandang baik atau memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Setelah analisis kredit dilakukan terhadap CV “X” maka keputusan yang dihasilkan bahwa CV “X” layak untuk diberikan kredit atau permohonan kredit disetujui.


Keywords


Analisis Kredit; 6A; 6C; analisis rasio

References


Brigham and Houston. (2010)., Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Basori dan Wahyuningsih. (2018). Analisis Penilaian Prinsip 5C Dalam Pemberian Kredit terhadap Non Performing Loan Guna Menilai Tingkat Kesehatan Bank pada PT BPR Harta Swadiri Pandaanang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Vol.3).

Fauzi. (2018). Peran Analis Kredit Terhadap NPL pada PT X. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi (Vol.5 No.2).

Rahmawati, Dewa. (2016). Analisis Keputusan Pemberian Kredit Dalam Langkah Meminimalisir Kredit Bermasalah. Jurnal Administrasi Bisnis (Vol.35, No.1)

Setiawati. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Daya Saing (Vol.4, No.3).

Wijayati, Tri. (2009). Analisis Aspek Keuangan Debitur Dalam Keputusan Pemberian Kredit. Skripsi




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v12i1.6241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL MANAJEMEN

 

Indexing

 

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Manajemen ISSN print: 0285-6911 ISSN online: 2528-1518  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats