Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia

Indrasuara Luther Sirangi Si'lang, Zamruddin Hasid, Priyagus Priyagus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Sulawesi Barat. Dalam penelitian ini menggunakan variabel yang dianggap dapat mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia, yaitu; PDRB Sektor Pertanian, Belanja Langsung Pemerintah, Investasi Swasta dan Tingkat Pengangguran Terbuka. Dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda, hasil penelitian yang diperoleh menyimpulkan bahwa : (1) PDRB Sektor Pertanian, Belanja Langsung Pemerintah, Investasi Swasta, dan Tingkat Pengangguran Terbuka secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Sulawesi Barat; (2) PDRB Sektor Pertanian berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat; (3) Belanja Langsung Pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat; (4) Investasi Swasta berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat; (5) Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat; (6) PDRB Sektor Pertanian berpengaruh dominan terhadap IPM di Provinsi Sulawesi Barat.

Keywords


Indeks pembangunan manusia; pdrb; belanja langsung pemerintah; investasi swasta; tingkat pengangguran terbuka; provinsi sulawesi barat

References


Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan. Edisi keempat, STIE YKPN Yogyakarta.

Baeti, Nur, 2013. Pengaruh Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2007 2011. Economics Development Analysis Journal. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi , Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Bigith V.B, 2013, Human Development Indicators, University of Mysore

Boediono, 1999. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Edisi pertama. Cetakan Keenam, BPFE. Yogyakarta.

Desak Ayu Putu Suciati, dkk, 2014. Pengaruh Jumlah Penduduk, Dana Perimbangan dan Investas pada Kesejahteraan Masyarakat melalui Belanja Langsung pada Kabupaten/Kota di Provinsi Bali pada tahun 2007-2012.. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali.

Djojohadikusumo, S. 1994. Dasar Teori Ekonomi Pertumbuhan dan Ekonomi Pembangunan. LP3ES. Jakarta.

Ghozali, Imam, 2009. Ekonometrika : Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Gujarati, 2003. Ekonometrika Dasar. Erlangga, Jakarta

Jhingan, M.L. 2008. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, (terjemahan oleh D. Guritno). PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad, 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah : Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Erlangga, Jakarta.

Mulyadi, S. 2014. Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Nur Isa Pratowo, 2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Indeks Pembangunan Manusia, Jurnal Studi Ekonomi Indonesia, Universitas Sebelas Maret. Solo.

Nehen, I.K. 2012. Perekonomian Indonesia. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Ray, Debraj, 1998, Development Economics, Princeton University Press, New Jersey

Salmani, 2013. Analisis Determinan Indeks Pembangunan Manusia Di Kabupaten Kutai Barat. Tesis Program Magister Ilmu Ekonomi Universitas Mulawarman. Samarinda.

Setiaji, Bambang, 2004, Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Setiono NS. Dedi, 2011. Ekonomi Pengembangan Wilayah : Teori dan Analisis. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI. Jakarta

Sukirno, Sadono. 1985. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijaksanaan. Bima Grafika, Jakarta.

Sumarsono, S. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan Publik .Graha Ilmu, Jogyakarta

Tarigan, Robinson, 2005. Ekonomi Regional: Teori dan Aplikasi, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Medan.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith. 2003. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Kedelapan, Jilid 1. Haris dan Puji (penerjemah). Erlangga, Jakarta.

Todaro, Michael P. dan Stephen C. Smith, 2006. Pembangunan Ekonomi. Edisi Kesembilan Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Widodo, Tri. 2006. Perencanaan Pembangunan: Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah), Edisi Pertama. UPP STIM YKPN, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v11i2.5953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL MANAJEMEN

 
 
Indexing:
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Creative Commons Licence

Jurnal Manajemen  ISSN print: 0285-6911  ISSN online: 2528-1518  is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

real
time web analytics View My Stats