Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan nilai pasar terhadap harga saham pada sub sektor pertambangan logam dan mineral di bursa efek indonesia (bei)

Muh. Fuad Alamsyah

Abstract


Sebuah  perusahaan  dalam  menjalankan  aktivitas  usahanya  pasti  memiliki  tujuan  yang  jelas. Tujuan tersebut seperti mencapai keuntungan yang maksimal, memakmurkan para pemilik saham serta memaksimalkan  nilai  perusahaan  yang  tercermin  pada  harga  sahamnya.  Indikator  yang  berkaitan dengan  tujuan  perusahaan  tersebut  menggunakan  pengukuran  Profitabilitas,  Ukuran  Perusahaan  dan Nilai  pasar  dalam  perusahaan  tersebut.  Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  dengan menggunakan  metode  regresi  berganda  yang  terdiri  dari  rasio  profitabilitas  yang  meliputi  ROA  dan ROE, Ukuran Perusahaan dengan proxi logaritma natural (LN) total asset serta nilai pasar yang terdiri dari  rasio  PER  dan  PBV.  Dari  hasil  uji  analisis  diperoleh  hasil  bahwa  secara  keseluruhan  variabel independen yang terdiri dari ROA, ROE, Ln total asset, PER dan PBV berpengaruh signifikan terhadap variabel  dependen  yaitu  harga  saham.  Adapun  secara  parsial  diperoleh  hasil  bahwa  variabel  yang berpengaruh signifikan terhadap harga saham yaitu ROA (X1), ROE (X2), Ln Total Aktiva (X3) dan PBV (X5), sedangkan 1 (satu) variabel yang tidak berpengaruh terhadap harga saham yaitu PER (X4).

Keywords


Profitabilitas; ukuran perusahaan; nilai pasar; harga saham

References


Abiodun, Babalola Yisau, 2013. “ The Effect of Firm Size on Firms Profitability in Nigeria”,

Journal of Economics and Sustainable Development, 4, No.5, hal 90-94.

Agus Sartono. 2010. Menejemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. BPFE Yogyakarta

Alfredo Mahendra.2011 .Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan (kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating) Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Universitas Udayana

Anjarwati, Dwi Dan Budiyanto. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Nilai Pasar Terhadap Harga Saham. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen Volume 4, Nomer 10, Oktober.

Anisa, Nesa. 2015. “Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Return Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Subsektor Automotive dan Components yang terdafatar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)”. Jurnal Perbanas. Volume 1, Nomor 1, September 2015.

Arista, Desy. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Go public di BEI periode tahun 20052009, Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Vol 3 No. 1, Mei 2012

Arthur J Keown, dkk. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Azis, M., Mintarti, S., Nadir, M. (2015). Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Yogyakarta: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA).

Brigham dan Houston.(2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan (edisi III). Jakarta : Salemba Empat.

Fahmi, Irham.(2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-2. Bandung:Alfabeta.

Fakhruddin dan Sopian Hadianto. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Buku satu. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Herlina, Nugraha, & Purnamasari, I. (2016). Pengaruh Risiko Kredit terhadap Profitabilitas. Journal of Business Management and Enterpreneurship, 1(1), 31-36

Jogiyanto.(2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi.Yogyakarta : BPFE – Yogyakarta.

Kasmir. (2011). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2012), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Kurniasih, Linda Butar-Butar dan Sri Sudarsi. 2012. Pengaruh Ukuran Perusahaan ,Profitabilitas, Leverage, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Perataan Laba. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan. November, ISSN:1979-4878, hal 143-158

Mardiyanto, Handono (2009). Intisari Manajemen Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).

Mogdiliani, & Miller. (2008). The Cost of Capital, Corporation Finance and The Theory of Investment. The American Economic Review, 13(3), 261–297.

Niresh, J. Aloy dan T. Velnampy, 2014. “Firm Size and Profitability: A Study of Listed Manufacturing Firms in Sri Lanka”, International Journal of Business and Management, Volume 8 hal 57-64

Nurhaliza. 2018. Analisis Ukuran Perusahaan dan Penilaian Pasar Pada Sektor Pertambangan Logam dan Mineral Di BEI. Universitas Ichsan Gorontalo

Parwati, R.R. Ayu Dika dan Sudiartha, Gede Mertha. 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Dan Penilaian Pasar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur”. E-Journal Manajemen Unud, Vol 5. No.1, 2016:385-413 ISSN:2302-8912.

Prasetyantoko, A. 2008. Corporate Governance; Pendekatan Institusional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, Bambang. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Negara. Yogyakarta: BPFE.

Sahar, Silfia. 2018. Analisis Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan kebijakan Dividen Pada PT. Unilever Yang Go Public Di BEI. Universitas Ichsan Gorontalo

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Bisnis (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Cetakan ke-18.Bandung : CV Alfabeta.

Sutrisno. (2003). Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Widaryanti, 2009. Analisis Perataan Laba Dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia, Volume 2 Nomor 2 Hal 60-77.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v11i2.5747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muh. Fuad Alamsyah


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen