Faktor–faktor yang mempengaruhi kompetensi pramuwisata

Dewi Cahyani Pangestuti

Abstract


Indonesia memiliki banyak potensi daerah wisata yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan daerah dan negara. Indonesia memiliki berbagai macam daya tarik wisata seperti kehidupan masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, keindahan alam dan peninggalan sejarah budaya. Apabila dikelola dengan baik, pariwisata dapat menjadi salah satu sektor andalan pemerintah untuk memperoleh devisa tanpa mengurangi sumber-sumber yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial budaya, persepsi masyarakat, sarana dan prasarana secara langsung terhadap kompetensi pramuwisata di Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada dasar teori dengan melakukan hipotesis yang dapat dibuktikan kebenarannya. Design penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kausal. Hasil survey dengan pendekatan kausal tersebut akan dianalisis dengan mengunakan analisis regresi. Populasi dari penelitian ini adalah pramuwisata yang ada di Lampung sebanyak 350 orang. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tehnik sampel yang diambil secara kebetulan (accidental sampling/sampling by chance) terhadap pramuwisata yang sedang bertugas dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Dari hasil analisa dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial dan secara simultan terdapat pengaruh yang  kuat dan signifikan antara sosial budaya, persepsi masyarakat,dan sarana prasarana terhadap kompetensi pramuwisata di lokasi wisata Lampung sebesar 48,6%.


Keywords


sosial budaya; persepsi masyarakat; sarana dan prasarana; kompetensi pramuwisata

References


Aryunda, H. (2011). Dampak Ekonomi Pengembangan Kawasan Ekowisata Kepulauan Seribu. Journal of Regional and City Planning, 22(1), 1-16.

Bujdosó, Z., Dávid, L., Tőzsér, A., Kovács, G., Major-Kathi, V., Uakhitova, G., Katona, P. and Vasvári, M., 2015. Basis Of Heritagization And Cultural Tourism Development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 188, pp.307-315.

Fajriah, S. D., & Mussadun, M. (2014). Pengembangan Sarana dan Prasarana untuk Mendukung Pariwisata Pantai yang Berkelanjutan (Studi Kasus: Kawasan Pesisir Pantai Wonokerto Kabupaten Pekalongan). Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 10(2), 218-233.

Hermawan, H. (2016). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. Jurnal Pariwisata, 3(2), 105-117.

Imran, A. N. (2012). Identifikasi Kapasitas Komunitas Lokal daalam Pemanfaatan Potensi Ekowisata Bagi Pengembangan Ekowisata di Kawah Cibuni. Journal of Regional and City Planning, 23(2), 85-102.

Irianto, A. M. (2016). Komodifikasi Budaya Di Era Ekonomi Global Terhadap Kearifan Lokal: Studi Kasus Eksistensi Industri Pariwisata dan Kesenian Tradisional di Jawa Tengah. Jurnal Theologia, 27(1), 212-236.

Kuncoro, M. (2010). Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan. Sumber, 7, 6-8.

Mubah, A. S. (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302-308.

Nasir, S. R. R. (2011). Perubahan Sosial Masyarakat Lokal Akibat Perkembangan Pariwisata Dusun Wakka Kab. Pinrang (Interaksi Antara Wisatawan dan Masyarakat lokal).

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Solo, Cakra Books.

Pariwisata, I. D. J., & Pariwisata, D. J. (2011). Pariwisata Tanah Air Indonesia, Direktorat Jenderal Pariwisata.

Rawan, D. P., Triwidiastuti, (2010), Pengantar Metode Penelitian.

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah Pariwisata: Menuju Perkembangan Pariwisata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sinaga, S. (2010). Potensi Dan Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata, Jakarta. Penerbit Andi.

Yoety, O. A. (2008). Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, Dan Aplikasi, Jakarta, Penerbit Buku Kompas.

Yulia, E. D., & Sains, D. (2014). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Kawasan Wisata. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v10i2.4399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dewi Cahyani Pangestuti


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen