Pengaruh motivasi konsumen, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian

Siti Kumala Dewi, Pamasang S. Siburian, Herning Indriastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi dan Sikap Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Toyota Innova di Dealer Graha Toyota Antasari Samarinda. Penelitian ini merupakan pendekatan asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampelnya adalah konsumen yang menggunakan Toyota Innova di Samarinda. Sampel yang digunakan berjumlah 125 konsumen. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toyota Innova Dealer Toyota Graha Antasari Samarinda. Variabel persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toyota Innova Dealer Toyota Graha Antasari Samarinda. Variabel sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toyota Innova Dealer Toyota Graha Antasari Samarinda.


Keywords


Motivasi Konsumen; Persepsi; Sikap Konsumen

Full Text:

PDF PDF

References


Ch. Endah Winarti. 2015. “Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Sikap Konsumen Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Di Dealer Pusat Pt Nissan Motor Indonesia. Jurnal Kelola, Vol. 2. No.3, 2015 ISSN : 2337 – 5965.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Edisi pertama, Cetakan pertama, Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Kotler, Philip, Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, (Terjemahan) Bob Sabran, MM. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Merna M. M. Tompunu. 2014.”Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di KFC Bahu Mall Manado”. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 610-621.

Priyatno, Duwi. 2009. SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate, Cetakan ke-1, Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Priyamitra Rully. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen Terhadap

Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Semarang. Jurnal ilmiah.

Rishyanti Prasetijo dan John. Dan Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen, Edisi 1, Penerbit Andi.

Yogyakarta.

Samuel, Hatane Dan Rico Saputra. 2013. “Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia Di Sidoarjo”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 1, 1-12.

Sasongko & Khasanah. (2012). Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian PC Tablet Ipad (Studi Pada Konsumen Ipad Di Semarang). Vol. 1 (1): 283-300. Semarang: Universitas Diponegoro.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh, Cetakan Keempat, PT. Indeks. Jakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for Business, 4 th ed. Kwan men yon (Penerjemah).

”Metodologi Penelitian Untuk Bisnis”, Edisi 4 Buku 1, Salemba Empat. Jakarta.

Setiadi, Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen, Cetakan Keempat, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sisilya Truly Retor.2014. “Analisis Motivasi, Persepsi,Pembelajaran, Keyakinan, Dan Sikap Terhadap

Keputusan Pembelian Pada Pt. Conbloc Indonesia Surya Manado”. Jurnal EMBA. Vol. 2 No. 3 September 2014, Hal. 664-675.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Alfabeta. Bandung. Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Vernando Satria Wijaya. 2011.” Pengaruh Motivasi, Persepsi, Motivasi, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Di Kawasan Kabupaten Kudus. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.

Http://www.topbrand-awards.com.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v9i2.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Siti Kumala Dewi, Pamasang S. Siburian, Herning Indriastuti


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen