Pengaruh efektifitas iklan televisi

Luis Nanda Sukmana, Gusti Noorlitaria Achmad, Saida Zainurossalamia ZA

Abstract


Efektivitas Periklanan dari Penelitian ini terdiri dari kreativitas periklanan, kualitas pesan, dan frekuensi pengiriman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak efektifitas yang dilibatkan di dalamnya seperti variabel Periklanan Kreativitas, kualitas pesan, dan pandangan frekuensi konsumen membeli Niat juga mengetahui variabel dominan mana yang mempengaruhi Buy Consumer Intentions. Program Penelitian ini menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda SPSS versi 22.0. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda pernah menonton iklan televisi Mie Sedap minimal 3 kali. Pada saat yang sama, sampel yang digunakan untuk Penelitian ini adalah sebanyak 170 responden dengan teknik pengambilan sampel non probability dan metode accidental sampling, yaitu kuesioner untuk pengumpulan data secara spesifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas periklanan, kualitas pesan, dan Frequency Advertising signifikan berpengaruh positif terhadap minat membeli konsumen, hal lain yang menjadi kreativitas iklan menjadi variabel dominan yang mempengaruhi minat beli konsumen.


Keywords


Kreativitas Periklanan

Full Text:

PDF

References


Arfianto, W., 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Pada Media Televisi (Studi Pada Iklan Produk Sepeda Motor Honda). Doctoral Dissertation. Universitas Diponegoro.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta. PT. Rineka Cipta..

Bram, Y. F., 2005. Analisis Efektivitas Iklan Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT. Rambang dengan Menggunakan Metode EPIC Model. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya 3 (6), 1-23.

Cannon, J. P., Perreault, W. D., McCarthy, E. Jerome., 2008. Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Salemba Empat. Jakarta.

Ebren, Figen., Celik, Yesim., 2011. Television Advertisements: A Reception Study. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry 2 (3).

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi Kelima. Semarang: Universitas Dipenogoro.

Hasan, Ali., 2009. Marketing. MedPress. Yogyakarta.

Indriyanti, I. Satya., Ihalauw. J. J.O.I., 2002. Pengulangan Pesan Suatu Iklan dalam Proses Pembelajaran Konsumen: Studi Terhadap Iklan Pasta Gigi Pepsodent. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 8 (1). 36-52.

Jefkins, F., 1996. Periklanan. Erlangga. Jakarta.

Kasali, Rhenald., 1992. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Gravity. Jakarta.

Kotler, Philip., Gary Amstrong, 1997. Dasar-Dasar Pemasaran: Principle of Marketing 7e. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., Gary Amstrong, 2001. Dasar-Dasar Pemasaran: Principle of Marketing 7e. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., Keller, K.L., 2008. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip., Keller, K.L., 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Kover, Arthur. J., Goldberg, Stephen. M., James, William. L., 1995. Creativity vs Effectiveness An Integrating Classification for Advertising. Journal of Marketing Research 35 (6), 29-40.

Lee, M., Johnson, C., 2007. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Kencana. Jakarta.

Morissan, 2007. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Ramdina Prakarsa. Jakarta

Mowen, John. C., Michael Minor, 2002. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.

Prasetijo, R., Ihalauw, J. J.O.I., 2005. Perilaku Konsumen. ANDI. Yogyakarta.

Pratt, Andy. C., 2006. Advertising and Creativity a Governance Approach: A Case Study of Creative Agencies in London. Environment and Planning A 38 (10), pp. 1883-1899.

Rahmadawita, Tuti., Sulistyowati, Lilis., Marhadi., 2014. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Brand Attitude pada Produk Blackberry Z10 di Kota Pekanbaru. Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Setiaji, Bambang. 2009. Jalan Mudah Ke Analisis Kuantitatif. Semarang. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Shah, S. S. H., Aziz., J., Jaffari, A. R., Waris, S., Ejaz, W., Fatima, M., Sherazi, S. K., 2012. The Impact of Brands on Consumer Purchase Intentions. Asian Journal of Business Management 4 (2), 105-110.

Shapiro, Stewart., Krishnan, H. Shanker., 2001. Memory Based Measure for Assessing Advertising Affect: A Comparison of Explicit and Implicit Memory Effect.

Shimp, Terence A., 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, 5. Erlangga. Jakarta.

Sihombing, I. J., 2010. Frekuensi Jumlah Audiens dan Masa Beriklan. Suara Merdeka 2010, Hal 1.

Smith, Robert, E., Yang, Xiaojing., 2004. Toward A General Theory of Creativity in Advertising: Examining The Role of Divergence. SAGE Publication Journal 4 (1-2), 31-58.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, IKAPI. Bandung.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, IKAPI. Bandung.

Sumarwan, U., 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Supranto, j. 2011. Statistik Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Till, D. Brian., Baack, Daniel. W., 2005. Recall and Persuasion: Does Creative Advertising Matter? Journal of Advertising 34 (3), 47-57.

Wibowo, Bambang Setia., 2016. Pengaruh Kreativitas dalam Iklan, Reputasi Bintang Iklan dan Waktu Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen. STIE YKPN Yogyakarta.

Widyana, Rosyad., 2016. Pengaruh Iklan “Beng-beng” Terhadap Minat Beli Konsumen. Universitas Islam Bandung

www.marsindonesia.com

www.nielsen.com

www.topbrand-award.com

www.wingsfood.com




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v9i2.2477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Luis Nanda Sukmana, Gusti Noorlitaria Achmad, Saida Zainurossalamia ZA


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen