Kinerja keuangan berbasis penciptaan nilai terhadap return saham

Kiki Alpiani, Zainal Ilmi, Irsan Tricahyadinata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja keuangan yang berbasis pada penciptaan nilai dilihat dari Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Q-Tobin terhadap return saham. Dan untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut perbengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada perusahaan asuransi. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI, teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel 10 perusahaan asuransi yang telah go publik dan menyajikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit per 31 Desember untuk tahun periode penelitian 2012-2015. Dasar teori yang digunakan adalah manajemen keuangan dengan menggunakan alat yaitu analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa ROE pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2015, dan EPS pengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2015 sedangkan Q-tobin berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap return saham pada perusahaan asuransi yang terdaftar di BEI dari tahun 2012-2015. Hasil koefisien determinasi menunjukan sebesar 22,6%. Hasil tersebut menandakan kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sementara 77,4% dijelaskan oleh variabel lain.


Keywords


Return On Equity; Earning Per Share

Full Text:

PDF

References


Arifin, Johar. 2004. Analisis Laporan Keuangan Berbasis Komputer.Jakarta. PT Elex Media Komputindo.

Budi, Triton Perwira. 2006. SPSS 13.0 Terapan : Riset Statistik Paramerik. Andi Offset. Yogyakarta

Fahmi, Irham. 2012. Analisis Kinerja Keuangan: Panduan Bagi Akademisi, Manajer, dan Investor Untuk Menilai dan Menganalisis Bisnis dari Aspek Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta: Lampulo.

Fahrizal, Helmi. 2013. Pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Invesment Opportunity Set (IOS) Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badang Universitas Diponegoro. Semarang

Darmadji, Tjiptono, dan Hendy, M, Fakhruddin. 2006. Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab, Edisi Ketiga, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Houston, J. Fred dan Eugene F. Brigham. 2009. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Terjemahan Ali Akbar Yulianto, Edisi Kesepuluh, Buku Satu. Salemba Empat. Jakarta.

Houston, J. Fred dan Eugene F. Brigham. 2001.Manajemen Keuangan, terjemahan Dodo Suharto, Jilid Pertama, Edisi Kedelapan, Cetakan Pertama. Erlangga. Jakarta.

Indonesia Stock Exchange, 2013. IDX Statistics, (http://www.idx.co.id/id-id/beranda/publikasi/ statistik.aspx).

Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE

Kasmir. (2002). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta : PT. Raja rafindo Persada.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Jakarta: kencana.

Kasmir. 2012. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Keown, Arthur Dkk. (2000). Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Buku Kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Kurniadi, Arif. DKK. 2013. Kinerja Keuangan Berbasis Penciptaan Nilai, Faktor Makroekonomi dan Pengaruhnya Terhadap Return Saham Sektor Pertanian. Institut Pertanian Bogor (MB IPB) : Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Martono, dan Harjito, Agus. 2011.Manajemen Keuangan,Edisi Kedua, Cetakan Pertama. Ekonisia. Yokyakarta

Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia, 2014. Industri Keuangan Non Bank. Jakarta : Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia

Melissa Maya Kurniawati. 2007. Analisa Pengukuran Kinerja Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi Jiwa Berdasarkan Metode Batas Tingkat Solvabilitas Minimum PT. Asuransi Jiwasraya. Jurnal Universitas Gunadarma.

Moeljadi. 2006. Manajemen Keuangan. Pendekatan Kuatitatif dan Kuailtatif.

Malang: Bayumedia Publishing.

Verawati, Rika. 2014. Faktor-faktor Penentu yang Mempengaruhi Return Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2013. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri..

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta

Sumarni, Murti dan Wahyuni. Salamah. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Andi offset. Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2012. Prosedur Uji Hipotesis Untuk Riset Ekonomi. Alfabeta. Bandung.

Van Home, James C & Jhon M. Wachowicz. JR. 2007, fundamentals of financial management prinsip-prinsip manajemen keuangan terjemahan Dewi fitriasari dan deni arnos kwary, jilid 2 edisi 12, PT. Salemba empat, jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v9i2.2476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kiki Alpiani, Zainal Ilmi, Irsan Tricahyadinata


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen