status pionir sebuah merek terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian

Indra Ramadhan, Suharno Suharno, M. Amin Kadafi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh status pionir merek terhadap sikap konsumen dan keputusan pembelian pada produk air mineral aqua studi kasus pada mahasiswa universitas mulawarman. Setelah dilakukan pengujian terhadap data, diperoleh hasil bahwa status pionir mempunyai t-statistic sebesar 75,203 (t-statistic < t-tabel). Hal ini menunjukkan status pionir berpengaruh positif terhadap sikap konsumen. Nilai koefisien (original sample of estimate) sebesar 0.908 atau lebih dari 0.50 menunjukkan bahwa status pionir positif terhadap sikap konsumen. Dari pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 1 (H1) yang merepresentasikan hubungan positif status pionir terhadap sikap konsumen terbukti. Sehingga dengan demikian maka berarti, hipotesis 1 (H1), diterima. Dan dilakukan pengujian terhadap data kedua, diperoleh hasil bahwa status pionir mempunyai t-statistic sebesar 11,362 (t-statistic < t-tabel). Hal ini menunjukkan bahwa status pionir berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien (original sample of estimate) sebesar 0.632 atau lebih dari 0.50 menunjukkan bahwa status pionir positif terhadap keputusan pembelian. Dari pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis 2 (H2) yang merepresentasikan hubungan positif status pionir terhadap kepuutusan pembelian terbukti. Sehingga dengan demikian maka berarti, hipotesis 2 (H2), diterima.


Keywords


status pionir; sikap konsumen; keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Arumsari, Dheany. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Merek Aqua (Studi Pada Konsumen Toko Bhakti Mart Kpri Bhakti Praja Provinsi Jawa Tengah)

Ginting, Paham dan Situmorang, Syafrizal Helmi 2008, Filsafat Ilmu dan Metode Riset, Cetakan Kedua, USU Press, Medan.

Gultom, Febri Anne. 2006. Analisis Brand Equity Sabun Lifebuoy yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Keluarga Kelurahan Kenangan Baru Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Medan.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/1 23456789/16908 4/Chapter%20II.pdf .com diakses oleh Indra

Ramadhan, 15 Oktober 2016, pukul 15.55 WITA.

http://www.pom.go.id/ diakses oleh

Nina Karina Tarigan, 17 September

pukul 19.45 WITA.

http://www.scribd.com/doc/8966339/

A-Quasi-At diakses oleh Indra

Ramadhan, 15 Oktober 2016, pukul 15.30 WIB.

Karina Tarigan, Nina. 2010. Pengaruh Status Pioner Sebuah Merek Terhadap Sikap Konsumen Pada Kategori Minuman Isotonik Pocari Sweat (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Medan).

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Perspektif Asia. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Edisi keenam jilid 1. Yogyakarta, Andi.

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong.

Prinsip-prinsip pemasaran Edisi

Jilid 1. Jakarta, Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.

Manajemen Pemasaran. Edisi

Jilid 1. Jakarta, Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.

Manajemen Pemasaran. Edisi

jilid 1. Jakarta, Erlangga

Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlanggga.

Pardede, Kharisma. 2012. Pengaruh Status Pionir Sebuah Merek terhadap Sikap Konsumen Pada Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara)

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian

Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta. Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya

dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supramono, dan Haryanto, Jony Octavian. 2003. Desain Proposal Penelitian: Studi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2000. Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: J & J Learning.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi

Wardayanti, Cynthia. 2006. Analisis Pengaruh Pioneer- Status Sebuah Merek terhadap Sikap Konsumen dalam Kategori Produk Vitamin C 500mg, Jurnal Manajemen Pemasaran. www.petra.co.id

www.swa.com diakses oleh Indra

Ramadhan, 16 Oktober 2016, pukul

50 WITA

www.amertaindahotsuka.com

diakses oleh Indra Ramadhan, 10

Agustus 2016, pukul 19.30

WITA.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v9i2.2475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indra Ramadhan, Suharno Suharno, M. Amin Kadafi


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen