Analisis overreaction pada harga saham perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia

Ignasius Doddy, Siti Masyithoh, Ledy Setiawati

Abstract


Penelitian ini menguji hipotesis market overreaction (reaksi berlebihan pasar) perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam indeks LQ-45, tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji apakah pergerakan harga saham dapat diprediksi setelah terjadi peristiwa politik yaitu pemilihan Presiden pada tahun 2014 yang dapat memicu tumbuhnya overreaction dari investor terhadap suatu informasi dalam mengambil keputusan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data saham penutupan dalam perusahaan manufaktur yang tergabung dalam indeks LQ-45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2014-2015, Penelitian ini mengunakan sub-periode penelitian terdiri atas periode pembentukan portofolio (portofolio formation period) dan periode pengujian portofolio (portofolio subsequent-test period). Hasil penelitian menunjukan bahwa reaksi berlebihan (overreaction) tidak terjadi pada saham perusahaan manufaktur dalam indeks LQ-45 dapat dibuktikan dengan pola portofolio winner memiliki average cumulative actual return yang mengungguli average cumulative actual return portofolio loser. Terdapat perbedaan average cumulative actual return yang signifikan antara portofolio loser dan portofolio winner.


Keywords


Analisis overreaction

References


Ahmad, D., Othman, T., 2002, ‘‘Analisis Investasi dan Teori Portofolio’’. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anna Nova, (2004), Analisa Pengaruh Perbedaan Besaran Perusahaan Terhadap Terjadinya Market Overreaction Di Bursa Efek Jakarta Tahun 1999-2003, Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Azhar Ardi, Kiryanto, dan Dista Amalia. 2008. “Overreaksi Pasar Terhadap Harga Saham Perusahaan-Perusahaan di Indonesia (Studi Kasus pada Bursa Efek Indonesia)”. Seminar Nasional Akuntansi ke 11.

De Bondt, Werner F. and Richard H Thaler, (1985). ‘‘Does the stock market overreact’’? The Journal of Finance, July Vol. 40, No.3: 793-805.

Eduardus, Tandelilin, (2001). Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Erny, Isnawati, 2015. “Analisis Overreaction Terhadap Harga Saham Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”, Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 04 No. 11. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Fischer, Donald, E, and Ronald, J. Jordan, 1995, “Security Analysis and Portofolio Management”, Prentise Hall, USA.

Hartono, Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi Keenam, BPFE. Yogyakarta.

Jogiyanto, 2000, ‘‘Teori Portofolio dan Analisis Investasi’’. Edisi Kedua, BPFE. Yogyakarta.

Manurung, Adler, Haymans (2005). “Gejala Overreaction Pada Saham Dalam Perhitungan Indeks LQ-45”. Manajemen Usahawan Indonesia. No. 09 Th XXXIV, Sept 2005.

Pasaribu, Rowland, Bismark, Fernando. 2011. “Anomali Overreaction di Bursa Efek Indonesia; Penelitian Saham LQ45. Journal of Economics and Business. No.2. Vol.5. pp.87.

Rahmawati, dan Suryani Tri. 2005. “Over Reaksi Pasar Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Jakarta”. SNAVIII Solo.

Risnawati, Yeprimar. 2009. “Analisis Investasi dan Penentuan Portofolio Saham Optimal Di Bursa Efek Indonesia (Studi Komparatif Menggunakan Model Indeks Tunggal Dan Random Pada Saham LQ-45)”. Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v9i1.2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ignasius Doddy, Siti Masyithoh, Ledy Setiawati


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen