Optimalisasi manufacturing cycle effectivieness (mce) terhadap pengelolaan value added activities dan non value added activities dalam meningkatkan efisiensi produksi

Indah Purnamasari, Doddy Adhimursandi, Maryam Nadir

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenali efektivitas dan untuk mengoptimalkan pengelolaan nilai dan kegiatan non-nilai tambah dalam meningkatkan efisiensi produksi pada perusahaan pertambangan batubara PT Gading Jaya Perkasa. Kegiatan produksi adalah kegiatan bernilai tambah, yang merupakan proses produksi, dan kegiatan yang tidak bernilai tambah termasuk waktu inspeksi, waktu tunggu dan waktu uang. Metode penelitiannya adalah Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara, menganalisis dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dengan perhitungan efektivitas siklus produksi (MCE) yang telah dilakukan adalah 60,81% pada bulan April, 61,57% pada bulan Mei dan 49,75% pada bulan Juni. Tingkat pencapaian produktivitas dan efisiensi perusahaan telah cukup baik dengan pencapaian produksi 98,43 ton / jam pada bulan April, 100 ton / jam pada bulan Mei dan 79,67 ton / jam pada bulan Juni. Efisiensi produksi adalah 88%. Perhitungan MCE dapat dimanfaatkan oleh manajemen PT Gading Jaya Perkasa untuk merencanakan pengurangan kegiatan non-nilai tambah untuk perbaikan berkelanjutan. Dengan menggunakan metode MCE, produksi dan efektivitas biaya dapat dicapai secara optimal.


Keywords


aktivitas bernilai tambah; kegiatan tidak ditambahkan; efektivitas; produktivitas dan efisiensi

References


Assauri, Sofjan. 2016. Manajemen Operasi Produksi: Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Rajawali Pers. Jakarta.

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Produksi Dan Operasi. Alfabeta. Bandung.

Giatman, M. 2007. Ekonomi Teknik. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Hansen dan Mowen. 2009. Manajement Accounting, 8ᵗʰed. Diterjemahkan oleh: Deny Arnos Kwary. 2015. Manajemen Akuntansi. Edisi 8. Salemba Empat. Jakarta.

Heizer, Jay. Barry Render. 2014. Operations Management Sustainability and Supply Chan Management, 8ᵗʰed. Person Education Limited. United States of America.

Herlambang, Susatyo. 2013. Pengantar Manajemen: Cara Mudah Memahami Ilmu Manajemen. Gosyen Publishing. Yogyakarta

Hermawan, A.T, Gunawan dan Yudhi C.M. 2009. Decision Support System Tool Untuk Penyelesaian Permasalahan Linear Berbasis Simplex dan Revised Simplex. Makalah pada Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya. Vol. 13 No. 01. Juni 2009. Hal 3-37.

Investment, Van Der Schaar. 2016. Bisnis Komoditas Batu Bara. http://www.indonesia-investments.com/id/bisnis/komoditas/batu-bara/item236? Diakses pada tanggal 25 Februari 2017

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Salemba Empat. Jakarta.

Rahmawati, Emi. 2008. Upaya menghilangkan Aktivitas-Aktivitas Tidak Bernilai Tambah Dalam Proses Pabrikasi Di Divisi Kapal Perang PT.PAL Indonesia Surabaya. E-Jurnal Akuntansi Universitas Airlangga, Vol.10, No.2. Hal 56-70.

Saftiana, Y. Ermadiana dan R. Weddie Andriyanto. 2007. Analisis Manufacturing Cycle Effectiveness Dalam Meningkatkan Cost Effective Pada Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 12 No. 1. Januari 2007. Hal. 107–121

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis Cetakan ke 17. Alfabeta: Bandung.

Sumarsan, Thomas. 2011. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan Pengukuran Kinerja. Cetakan 2. Indeks. Jakarta.

Verdiyanti, R.T., dan El-Maghviroh, R. 2013. The Analysis of Manufacturing Cycle Effectiveness (MCE) in Reducing Non Value-Added Activities (Empirical Study at PT. Bhirawa Steel Surabaya). The Indonesian Accounting Review. Vol. 3 No. 2. Juli 2013. Hal. 149-160.




DOI: https://doi.org/10.30872/jmmn.v10i1.2302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indah Purnamasari, Doddy Adhimursandi, Maryam Nadir


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Manajemen
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jmmn.feb.unmul@gmail.com
Statcounter: Jurnal Manajemen