Pengaruh citra merek dan atribut produk

Thomi Naupal, Pamasang S. Siburian, Gusti Noorlitaria A

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembuatan keputusan pembelian. Variabel bebas dari penelitian ini terdiri dari Brand Image (X1), dan atribut Product (X2). Variabel dependennya adalah keputusan pembelian smartphone Iphone yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Penelitian ini mengambil 100 responden dengan teknik Accidental Sampling sebagai sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Ada tiga tahap sebelum melakukan analisis regresi linier berganda, uji validitas dan reliabilitas dan uji asumsi klasik. Setelah semua tahapan regresi linier berganda dilakukan, penulis melakukan uji goodness of fit: uji signifikansi parameter individu (t test), uji signifikansi simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (uji R2). Penelitian ini menggunakan banyak regresi. Hasil regresi berganda adalah sebagai berikut, Y = 1,708 + 0,291X1 + 0,283X2 .. Variabel independen yang memiliki pengaruh terbesar terhadap variabel terikat adalah Citra Merek (0,291), dan diikuti atribut Produk (0,283). Hasil uji T menunjukkan bahwa citra merek dan atribut produk secara individual berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Model persamaan ini memiliki nilai F sebesar 6.440 dengan tingkat signifikan 0,002. Analisis yang digunakan adalah koefisien determinasi atau uji R2 menunjukkan bahwa 89,9% keputusan pembelian dapat diringkas dengan brand image, dan atribut product dan 10,1% keputusan pembelian dapat diringkas oleh variabel lain yang telah dijelaskan oleh faktor lain.

Keywords


Citra merek; atribut produk; keputusan pembelian

References


Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Cetakan Ketigabelas Penerbit Rineka Cipta.

Griffin, Ricky W. 2004. Management 7th Edition. Team Penerjemahan Penerbit Erlangga. (terjemahan). Edisi 7. Erlangga. Jakarta.

Handoko, T. Hani. 1999. Manajemen, Edisi 2. BPFE. Yogyakarta.

Kotler, Philips. 2002. Manajemen Pemasaaran: Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan Jilid 2. Penerbit PT. Prenhallino dan Pearson Education Asia Pte. Jakarta.

__________& Gary Armstrong. 2008. Principles of Marketing 12th edition. Terjemahan oleh Damos Sihombing. Jilid 1. Edisi 12. Penerbit Erlangga. Jakarta.

__________& Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.

Machfoedz, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Andi. Yogyakarta.

Marknesis. 2009. Pemasaran Strategi, Taktik & Kasus. Marknesis. Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2005. Marketing Analysis Made Easy. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2005. Fungsi-fungsi Manajerial Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran, Falsafat, Teori dan Aplikasi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Stanton, J. William. 2003. Fundamentals of Marketing, Edisi Kelima. Tokyo Graw-Hill Book Company. Kogakusha.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga. Andi. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2007. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Pustaka Pelajar. Yogyakata.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com