Penerapan teori permainanan persaingan produk mobil low cost green car (LCGC) toyota agya dan daihatsu ayla di samarinda

Indah Fitriani, Anis Rachma Utary, Musdalifah Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Teori Permainan Pada Persaingan Mobil Low Cost Green Car (LCGC) Toyota Agya Dan Daihatsu Ayla Di Samarinda dalam strategi pemasaran yang optimal serta seberapa besar nilai permainan yang dihasilkan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penggunaan wawancara, dan penggunaan kuisoner yang dianalisa dengan memasukkan data ke dalam metode penyelesaian permainan dengan perhitungan matematika yaitu metode Aljabar. Hasil penelitian menggunakan perhitungan metode Aljabar dapat diketahui bahwa strategi optimum bagi Toyota Agya jika Toyota Agya menggunakan 0,394 waktunya untuk memainkan strategi desain interior dan eksterior serta 0,605 waktunya untuk memainkan strategi iklan. Sedangkan strategi optimum bagi Daihatsu Ayla jika menggunakan 0,631 waktunya untuk memainkan strategi penetapan harga dan 0,368 waktunya untuk memainkan strategi iklan. Dari strategi optimum yang dimainkan didapat juga nilai permainan yang dimenangkan oleh Toyota Agya berjumlah 13 orang dan kekalahan Daihatsu Ayla berjumlah 13 orang, sehingga permainan ini berjumlah nol dari dua orang. Penerapan teori permainan dapat dilakukan untuk mendapatkan strategi optimum dan nilai permainan bagi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.


Keywords


Teori permainan; strategi optimum; nilai permainan

References


Anggraeni, Siti Rochmah. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Proses Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla. Skripsi. Universitas Telkom. Bandung.

Buchari, Alma. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia). Data By Category 2016: By Category Data (Jan-Okt 2016). http://www.gaikindo.or.id/wp-content/uploads/2016/11/bycat_market_jandec16.pdf, diakses tanggal 12 Maret 2016.

Handoko, Hani T. 2003. Dasar-dasar Manejemen Produksi dan Operasi, Cetakan Kedua Belas. BPFE. Yogyakarta.

Handoko, Agnes maria. 2015. Pendekatan Proses Hirarki Analitik Terhadap Preferensi Konsumen Pada Mobil Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Di Manado. Jurnal. Universitas Sam Ratulangi.

Hikmatyar, Achmad Bara. 2013. Optimalisasi Teori Permainan Menggunakan Pemrograman Linier dan Algoritma Brown (Studi Kasus : Persaingan Produk Manufaktur Mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia). Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Kartono. 1994. Teori Permainan, Cetakan Pertama. Andi Offset. Yogyakarta.

Maulana, Aditya. 2016. Ini Daftar Mobil Murah Terlaris di Indonesia 2015. http://otomotif.kompas.com/read/2016/01/21/100106415/Ini.Daftar.Mobil.Murah.Terlaris.di.Indonesia.2015, diakses tanggal 04 Februari 2016.

Muhardi. 2011. Manajemen Operasi Suatu Pendekatan Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan, Cetakan Pertama. Refika Aditama. Bandung.

Noor, Ardian. 2014. Teori Permainan Dalam Analisis Strategi Optimum Dan nilai permainan pada persaingan mobil Toyota Avanza Dan Daihatsu Xenia Di Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Putra, Dendi Endo. 2014. Analisis Brand Association (Asosiasi Merek) Dan Perceived Quality (Presepsi Kualitas) Low Cost Green Car Di Kota Padang. Skripsi. Universitas Andalas. Padang.

Siagian, P. 2006. Penelitian Operasional: Teori dan Praktek, Cetakan Pertama. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Siswanto. 2007. Operations Research Jilid 2, Penerbit Eirlanga. Jakarta.

Soeratno, Lincoln Arsyad. 2008. Metodologi Penelitian. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Suyaka, Ferdy Fahdrian. 2010. Analisa Atribut Produk Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Berlangganan Surat Kabar Harian Seputar Indonesia. Skripsi. Universitas Indonesia. Jakarta.

Subagyo, Pangestu, Marwan Asri, dan T. Hani Handoko. 2011. Dasar-Dasar Operations Research, Edisi 2. BPFE. Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Cetakan Kedua. CV. Alfabeta. Bandung

Supranto, Johanes. 2013. Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan, Edisi Ketiga. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Porter, Micheal E. 1994. Competitive Advantage, Cetakan Pertama, diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Binarupa Aksara. Binarupa Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com