Pengaruh E-Service Quality Dan Information Quality Terhadap E-Satisfaction Dan Dampaknya Terhadap E-Loyalty

Rhandy Chandra Wahyudi, Zainal Abidin, Saida Zainurossalamia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengaruh kualitas layanan elektronik dan kualitas informasi terhadap kepuasan elektronik dan dampaknya terhadap loyalitas elektronik konsumen shopee, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu kuesioner dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Kuesioner berhasil dikumpulkan dan diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan program SmartPLS. Hasil Penelitian menunjukan (1) kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan elektronik, (2) kualitas layanan elektronik berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas elektronik, (3) Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan elektronik, (4) kualitas informasi berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas elektronik, (5) kepuasan elektronik memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas elektronik.


Keywords


Kualitas Layanan Elektronik; Kualitas Informasi; Kepuasan Elektronik; Loyalitas Elektronik

References


Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (Pls) Alternatif Structural Equation Modeling (Sem) Dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Ahmad, A., Rahman, O., & Khan, M. (2017). Exploring The Role Of Website Quality And Hedonism In The Formation Of E-Satisfaction And E-Loyalty. 11(3), 246–267. Https://Doi.Org/10.1108/Jrim-04-2017-0022

Akbar, A. A., & Djatmiko, T. (2016). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Dan E-Customer Loyalty Pada Lazada.Co.Id. E-Proceeding Of Management, 3(1), 142–150.

Anderson, R. E., & Srinivasan, S. S. (2003). E-Loyalty : A Contingency Framework. 20(February 2003), 123–138. Https://Doi.Org/10.1002/Mar.10063

Andini, C., & Ariyanti, M. (2016). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pengunjung Online Store Lazada Indonesia The Impact Of E-Service Quality Upon Visitor Purchase Intention Of Lazada Indonesia Online Store. 3(2), 1289–1295.

Apjii. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Iinfografis Hasil Survey.

Chou, S., Wen, C., & Lin, J. (2015). Female Online Shoppers: Examining The Mediating Roles Of E-Satisfaction And E-Trust On E-Loyalty Development. Emerald Group, 25(4).

David. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Transportasi Online Grab. 6(2).

Dian, R., Dan, A., & Rusfian, E. Z. (2013). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction (Studi Pada Online Shop Gasoo Galore). (1999).

Gounaris, S., Dimitriadis, S., & Stathakopoulos, V. (2010). Shopping An Examination Of The Effects Of Service Quality And Satisfaction On Customers ’ Behavioral Intentions In E-Shopping. 24(2), 142–156. Https://Doi.Org/10.1108/08876041011031118

Hur, Y., Ko, Y. J., & Valacich, J. (2011). A Structural Model Of The Relationships Between Sport. 458–473.

Hussein, Ananda Sabil. (2015). Penelitian Bisnis Dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares ( Pls ) Dengan Smartpls 3 . 0.

Jeon, M., & Jeong, M. (2017). Customers’ Perceived Website Service Quality And Its Effects On E-Loyalty. 29(1), 438–457.

Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Khristianto, W. (2011). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Dalam Melakukan Online Shopping (Studi Pada Pelanggan Online Shopping Di Forum Jual Beli/Fjb Kaskus.Us Regional Malang). (November 2011).

Kotler, P., & Keller, K. L. (N.D.). Marketing Management.

Lu, L., & Chang, H. (2013). Online Shoppers ’ Perceptions Of E-Retailers ’ Ethics , Cultural Orientation , And Loyalty An Exploratory Study In Taiwan. 23(1), 47–68. Https://Doi.Org/10.1108/10662241311295773

Maulana, R., & Kurniawati, K. (2014). ( Studi Kasus Pada Website Koren Denim ). 13(2), 117–129.

Messakh, H. W. (2016). Pengaruh Kualitas E - Service Terhadap Loyalitas Pelanggan Traveloka Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel. 4(1), 350–356.

Pudjarti, S., Nurchayati, & Putranti, H. R. D. (2019). Hubungan E-Service Quality Dan E-Loyalty Dengan E-Satisfaction Pada Konsumen Go-Jek Dan Grab Di Kota Semarang. 21(3), 237–246. Https://Doi.Org/10.24198/Sosiohumaniora.V21i3.21491

Ranjbarian, B. (2012). Factors Influencing On Customers’ E-Satisfaction: A Case Study From Iran. 3(9), 1496–1511.

Riza, S., & Sutopo. (2017). Analisis Pengaruh E-Service Quality , Kualitas Informasi Dan Persepsi Kemudahan Terhadap E- Intervening. 6, 1–13.

Santika, I. W., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Mediasi E-Satisfaction Pada Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Situs Online Travel Di Bali. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 278–289. Https://Doi.Org/10.31842/Jurnal-Inobis.V1i3.35

Setiawan, E. B. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Teknologi Informasi Terhadap Keunggulan Bersaing Perusahaan ( Studi Kasus Pemanfaatan E-Tiketing Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Kereta Api ). 12(2), 204–211.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso, P. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis. Jakarta: Indeks.

Sunarto, A. (2009). Seluk Beluk E-Commerece.Pdf. Yogyakarta: Garailmu.

Suprihadi, Hudiono, R. K., & Wijaya, L. S. (2013). Rancang Bangun Sistem Jejaring Klaster Berbasis Web Menggunakan Metode Model View Controller. 6(3), 308–331.

Taufiq, R. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality Dan Satisfaction Tjiptono Dan Candra.Pdf. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tobagus, A. (2018). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Di Situs Tokopedia. Agora, 6(1), 1–10.

Wijiutami, S. S., & Octavia, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Serta Dampaknya Pada E-Loyalty Pelanggan E- Commerce C2c Di Kota Jakarta Dan Bandung The Influence Of E-Service Quality To E-Satisfaction And Its Impact To E-Loyalty Of C2c E-Commerce Customer In Jakarta. E-Proceeding Of Management, 4(3), 2212–2220.

Yang, H. (2007). Assessing The Effects Of E-Quality And E-Satisfaction On Website Loyalty. 1(3).

Zeithaml, Parasuraman, A., & Berry, L. (2000). Conceptual Framework For Understanding E-Service Quality: Implications For Future Research And Managerial Practice, Marketing Science Institute, Cambridge, Massachusetts.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i4.8346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com