PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK SERTA PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAHU JONTOR DI SAMARINDA

ADHI KAHFIADI, RAHMAWATI -, SRI WAHYUNI

Abstract


The purpose of this study was to determine whether the effect of product differentiation, perception of product quality and promotion influence on purchase decisions Tahu Jontor in Samarinda using multiple linear regression. The results of this study indicate variable product differentiation, perception of product quality and promotion significantly influence purchasing decisions. Rated R for 0988, which means that there is a very strong variable product differentiation, perception of product quality and promotion of their purchasing decisions. The coefficient of determination (R2) of 0976 means that the model is very good coefficient of determination. It shows that 97.6% purchase decision is influenced by three independent variables while the remaining 2.4% is influenced by other variables that are not in thoroughly. Based on t test, the results obtained that the variable product differentiation, perception of product quality and promotion of positive and significant influence on purchasing decisions.

Keywords: product differentiation, perception of product quality, promotion and purchasing decisions


References


Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran, Dasar, konsep dan strategi. PT.

Raja Gravindo Persada. Jakarta.

Assauri Sofyan, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi kedua, cetakan kesembilan,

Penerbit : Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Darmadi Durianto, dkk. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, Jakarta.

Durianto, dkk. 2004. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. PT. Gramedia

Pustaka Utama. Jakarta.

Ferdinand, Augusty. 2005. Structural Equation Modeling. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Freddy, Rangkuti. 2007. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Gitosudarmo, Indriyo. 1994.“Dasar-dasar Manajemen Pemasaran”.Danang Sunyoto:Yogyakarta ,2012.

Griffin, J. 2003. Costumer Loyalty. dialih bahasakan oleh Dwi Kartini Yahya. 2003

Lexinton Books. United states Of America.

Griffin, J. 2003. Costumer Loyalty. . dialih bahasakan oleh Dwi Kartini Yahya. 2003 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ismayanti, Ni Wayan Nonik. 2015. Pengaruh Kepercayaan Dan E-Service Quality Terhadap Kepututusan Pembelian Akomodasi di Bali Pada Situs Booking.com. Skripsi Universitas Udayana Bali.

Kotler dan Amstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jilid 2. Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran; alih bahasa, Benyamin Molan; Penyunting, Bambang Sarwiji. Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran; alih bahasa, Benyamin Molan; Penyunting,Bambang Sarwiji. Edisi 11. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, analisis perencanaan, pengendalian.Prentice Hall Inc.. Engelwood cliffs, New Jersey.

Maynard & Beckman (2002:2) dalam buku Principles of marketing.

Munfaridin. 2010. Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Mereferensi Sepeda Motor Merek. Skripsi Universitas Universitas Diponegoro Semarang.

Nurulita. 2011. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.

Schiffman, Leon G. Dan Lesli Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behaviour, 7th.

Subagja. 2005. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Brand Image B Burger Di Bandung. Jurnal Universitas Padjadjaran.

Sulistyawati, Praba. 2011. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang. Jurnal Universitas Diponegoro Semarang.

Sunarto, 2003, Manajemen Pemasaran, Penerbit : Amus, Yogyakarta.

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS

Stanton, William J. 2003. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Sadu Sundaru.Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,Alfabeta,

Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian (Edisi Kedua), Cetakan XIV , PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Swasta dan Irawan, 2002, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty: Yogyakarta.

Swasta dan Hani Handoko, 2010, Manajemen Pemasaran: Analisa dan

Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Swasta dan Irawan.2002.Manajemen Pemasaran Modern.Edisi. Keempat. Penerbit Liberty:Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI : Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i4.796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com