PENGARUH ENDORSER TERHADAP PERSEPSI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA SPECS INDONESIA

FAISHAL ABDI SAPUTRA, PAMASANG S. SIBURIAN, ASNAWATI -

Abstract


The purpose of this research was to verify the effect of endorser election, toward perception and the decision of purchase of sport shoes Specs Indonesia. To collected the data research, research used Random Sampling and Accidential Sampling Method. The sample which used in this research was 60 respondent with the criteria of all men who using sport shoes Specs Indonesia. This research used multiple linear regression analysis with SPSS as an instrument to calculate data. The result showed that there was  a positive and significantbetween endorser election toward perception and the decision of purchase.

Keywords: Endorser, Perception The Decision of Purchase

 


References


Aaker, A. David., 1997, Manajemen Ekuitas Merek, Jakarta: Mitra Utama

Adiati Hardjanti dan Hari Siswanto .2014. Pengaruh Dimensi Endorser Credibility dan Brand Credibility terhadap Dimensi Consumer-Based Brand Equity. Jurnal Ilmiah WIDYA. Volume 2 Nomor 3 Agustus-Desember 2014.

Basu Swastha. 2005. Manajemen pemasaran modern. Liberty. Yogyakarta.

Basu Swasta dan Handoko, T.Hani, 2000, Manajemen Permasaran Analisis Perilaku Konsumen, edisi kedua Liberty, Yogyakarta.

Bimo Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Danang Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Darmansyah, Muhartini Salim, dan Syamsul Bachri. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). JURNAL APLIKASI MANAJEMEN. VOLUME 12. NOMOR 2. JUNI 2014

Deddy Mulyana, 2007. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya Bandung.

Dewi Urip Wahyuni. 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, VOL.10, NO. 1, MARET 2008: 30-37

Durianto dkk. 2004. Inovasi dengan Iklan yang Efektif, Strategis, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Erdem T.I, Swait J., Jordan Louviere J. The impact of brand credibility on consumer price sensitivity, Intern. J. of Research in Marketing. 2002.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi. Yogyakarta.

Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika.Jakarta: Erlangga.

Handoko, T. Hani. 2008. Manajemen Edisi 2. BPFE. Yogyakarta.

Henry Simamora. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III. Yogyakarta: STIE YKPN.

Imam Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Penerbit BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Jalaludin Rakhmat. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departenmen Pendidikan Nasional

Kosasih, Engkos dan Hananto Soewedo, 2007. Manajemen Keuangan dan Akuntansi Perusahaan Pelayaran: Suatu Pendekatan Praktis dalam Bidang Usaha Pelayaran, Edisi 1, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Editor: Yenna Waldemas. Indeks : Jakarta.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid 1, dialihbahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid 2, dialihbahasakan oleh Benjamin Molan, Jakarta: PT Indeks.

Malayu S.P Hasibuan. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi. PT.Bumi Aksara. Jakarta 13220.

Maria Meitha Rompis. 2014. Analisis Faktor-Faktor Persepsi Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Di Laboratorium Klinik Kanaka. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 512-521

Mar’atul ‘Ayni, Andi Triharyono, dan Maria M Minarsih. 2015. Pengaruh Intensitas Penayangan Iklan, Harga Dan Credibility Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Kosmetik Wardah (Studi Empiris Pada Pengguna Kosmetik Wardah Di Kecamatan Tembalang). Jurnal manajemen pemasaran. FE UNPAND 2015

Miftah Thoha. 2003. Birokrasi dan Politik di Indonesia, Cetakan Kedua, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Nanik Hariyana. 2013. Pengaruh Penggunaan Iklan Endorser Produk Sabun Lux Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Merek Pada Konsumen Produk Sabun Lux Di Kabupaten Jember. JEAM Vol XII No. 1/2013

Ohanian, R. 1990. Construction and Validation of a scale to measure celebrity endorsers’ perceived expertise, trustworthiness and attractiveness. Journal of Advertising, 19: American Academny of Advertising.

Ristiyanti Prasetijo dan John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Andi Offset Yogyakarta.

Royan, Frans. M. 2004. Marketing Selebrities, Selebritis dalam Iklan dan Strategi Selebritis Memasarkan Diri Sendiri. Elek Media Komputindo Kelompok Gramedia: Jakarta.

Schiffman & Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Indeks. Jakarta.

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Edisi 5. Jilid 1. Alih Bahasa: Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari. Erlangga. Jakarta.

Sigit Budiyanto. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Desain Produk Dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi Empiris Pada Konsumen Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio Di Daerah Srondol Kulon Kecamatan Banyumanik Semarang). Jurnal Ekonomi/ Manajemen. Universitas Pandanaran Semarang

Staton, William J, (2002), Prinsip Pemasaran, terj. oleh Alexander Sindoro Jakarta, Penerbit Erlangga.

Suharsimsi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. CV Alphabeta, Bandung.

Tatik Suryani. (2008). Perilaku Konsumen : Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Ujang Sumarwan. 2003. Perilaku Konsumen, Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Yusnizal Firdaus, HL. Dan Suhairi Hazisma. 2013. Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fleksi Pada Cv. Satu Sutama Cipta Mandiri.

Widita, Ananthya. 2007. Pengaruh penggunaan endorser dalam iklan harian Kompas versi "lintas generasi" terhadap persepsi masyarakat Surabaya pada harian Kompas.

Erna Ferrinadewi, Merek dan Psikologi Konsumen, Graha ilmu, Yogyakarta, 2008

Johannes Supranto, Teknik Pengambilan Keputusan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 1991

John C.mowen/Michael Minor, Prilaku Konsumen jilid 2, Erlangga, Jakarta, 2002

Leon G. Schiffman dan leslie lazar kanuk, prilaku konsumen edisi 7, PT.Indeks kelompok Gramedia

S.P. Siagian, Teori dan praktek pengambilan keputusan, penerbit CV haji Masagung, Jakarta, 1988




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i4.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com