DAMPAK KONDISI MAKROEKONOMI DAN FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP NON PERFORMING LOAN BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA

mukhamad helmi, sri mintarti, rizky yudaruddin

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pertumbuhan ekonomi, inflasi, Return on Asset dan Firm Size memiliki pengaruh terhadap Non Performing Loan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia periode 2014-2017. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan tahunan Bank Pembangunan Daerah dan data pertumbuhan ekonomi serta inflasi masing-masing provinsi dimana Bank Pembangunan Daerah tersebut beroperasi selama periode 2014-2017. Dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri 24 Bank Pembangunan Daerah dimana pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari Return on Asset terhadap Non Performing Loan. Sementara itu Firm Size memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Non Performing Loan. Pada pengujian hipotesis lainnya, baik pertumbuhan ekonomi maupun inflasi, keduanya berpengaruh tidak signifikan terhadap Non Performing Loan Bank Pembangunan Daerah di Indonesia periode 2014-2017.

Keywords


Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Return On Asset, Firm Size, Non Performing Loan



DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i4.6621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com