Pengaruh brand identity dan brand postioning terhadap pembentukan brand image pada lg smart tv di kota samarinda

Rizka Ridha Aulia, Syarifah Hudayah, sri wahyuni

Abstract


Rizka Ridha Aulia. Pengaruh Brand Identity dan Brand Positioning Terhadap Pembentukan Brand Image Pada LG Smart TV Di Kota Samarinda (Dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, M.Si dan Dr. Hj. Sri Wahyuni, SE., M.Si).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand identity terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand positioning terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand identity berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai  adalah 0,000<α = 0,05 terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda, yang berarti hipotesis pertama diterima. Brand positioning berpengaruh signifikan dan positif dengan nilai  adalah 0,000<α = 0,05 terhadap pembentukan brand image pada LG Smart TV di Kota Samarinda, yang berarti hipotesis kedua diterima.


Keywords


Brand Identity;brand postioning;brand image

References


Aaker, D.J. 2013. Brand Leadership. The Free Press. New York.

Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Proses. Rineka Cipta. Jakarta.

Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran ; Dasar, Konsep dan Strategi. Penerbit PT. Grafindo Persada. Jakarta.

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supraktino. 2010. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Ferrinadewi, E. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Penerbit Graha Ilmu. Jakarta.

Hasibuan, M.S.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Invesment U Research. 2017. Data Penjualan LG Smart TV. https://www.rss.org.uk/RSS/Influencing_Change/Data_manifesto/Investment_in_research__science_and_innovation/RSS/Influencing_Change/Data_democracy_sub/Investment_in_research__science_and_innovation.aspx?hkey=64f9c23c-2a47-4c48-968b-da0042186909

Kasali, Rhenald. 2007. Membidik Pasar Indonesia. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks. Jakarta.

Kotler, P. 2010. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Penerbit Andy. Yogyakarta.

Misdar, Maulana. 2015. Pengaruh Brand Identity dan Brand Positioning Terhadap Pembentukan Brand Image PT Zurich Topa Life Di Samarinda. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman Samarinda.

Rangkuti, F. 2006. Riset Pemasaran, Cetakan Keenam. Gramedia, Jakarta.

. 2014. The Power Of Brand : Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Satriya, B. 2007. Strategi Pengembangan Merek. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Setiadi, N. 2013. Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Kencana Prenanda Media. Jakarta.

Simamora, B. 2013. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Cetakan Kedelapan. Alfabeta, Bandung.

. 2014. Statistik Non Parametris. Cetakan Kedelapan. Alfabeta, Bandung.

Susanto, A. B. 2014. Power Branding : Membangun Brand yang Legendaris. Penerbit Mizan. Jakarta.

Swastha, B dan Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Swastha, B dan Hani Handoko. 2017. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Edisi 1. Badan Penerbitan Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.

Wibowo, Wawan Ari. 2010. Analisis Pengaruh Brand Identity dan Brand Positioning Terhadap Pembentukan Brand Image Pada PT Asuransi Umum Bumi. Tesis FE-UI. Jakarta.

http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jimm.v5i4.6586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)