PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN LOYALITAS MEREK SERTA KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HAND AND BODY LOTION MEREK CITRA DI KOTA SAMARINDA

Yulfatia Palembangan, Hj Rahmawati SE.,MM, Muhammad Wasil SE., M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model yang menjelaskan proses  dari Kualitas Produk, dan Loyalitas Merek serta Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara mengambil keseluruhan populasi yang ada di Kota Samarinda untuk dijadikan sampel penelitian, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda, Loyalitas Merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda, Kepercayaan Merek berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan  pembelian Hand and Body Lotion merek Citra di Kota Samarinda.


Keywords


: Kualitas Produk, Loyalitas Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian

References


Aulia, Siti.2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Depot Pak Qomar Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 3. Nomor 3.

Agung, Abdul Harits. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Mie Setan Jember. Skripsi, Jember : Universitas Jember.

Angipora, Marius P. 2007. ‘’Dasar-Dasar Pemasaran’’. Edisi Kedua. Cetakan Kedua. Jakarta. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta: Rineka Cipta.

Durianto. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset, Ekuitas dan Prilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka.

Fatimah,Siti. 2014. Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek terhadapa Keputusan Pembelian Pelembab Wardah pada Konsumen Al-Yasini Mart Wonorejo. Jurnal Sketsa Bisnis Volume 1, Nomor 2.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Pengaruh threat emotion konsumen dan brand trust pada keputusan pembelian produk susu Anlene di Surabaya. Volume 1, Nomor 2.

Giddens, Nancy.2002. Brand Loyalty. Missouri Value-added Development Center, University of Missouri.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta; Prenhalindo.

, 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I dan II, PT Indeks, Jakarta.

, 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. PT. Indeks, New Jersey.

, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jakarta : Erlangga.

Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

. Principles of Marketing, 15th Edition, University of North Carolina

Oliver, Richard L. (1999), “Whence Consumer Loyalty”, Journal of Marketing, Vol 63 (special issue)

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman, L.G, dan Kanuk, Lesley, L, 2010, Consumer Behavior, 10th Edition. Pearson Education.

Sholihat, Dhina Isnaini dan Dede R Oktini. 2019. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian produk Mie Instan merek Semyang di Kota Bandung. Jurnal Manajemen, Volume 5. Nomor 1. 2019

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudarjat, Deden Rahmat. 2012. Pengaruh Kepercayaan Merek dan Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian konsumen (Pada Handphone merek Nexian di Dago Phone Cell Be Mall Bandung). Skripsi. Manajemen, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

, 2011. Metodologi Peneltian Ekonomi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.

Sutisna,, 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Cetakan I.

Wijayanti,Endang. 2006. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Toyota Kijang (Studi Kasus pada PT. Nasmoco Kaligawe Semarang)

Tjahyadi, Rully Arlan, 2006.Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Volume 6, Nomor 1.

Tjiptono, Fandy, 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yohana, Ari R. Trust In A Brand dan Hubungannya dengan Loyalitas merek pada Handphone Nokia. Jurnal Ekobis, Volume 8, Nomor.

Yusuf, Muhammad. 2011. Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i4.6416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com