Pengaruh green marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pasien unit rawat inap rumah sakit pupuk kaltim bontang

Muhammad Faisal, Rusdiah Iskandar, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan explanatory survey, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel atau lebih, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari suatu fenomena atau gejala dari variabel tersebut melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria inklusi adalah pasien BPJS dan non-BPJS, minimal masa perawatan dua hari, dan tidak dalam kondisi gawat darurat saat pengambilan data. Analisa data menggunakan analisis jalur dengan menggunakan program SmartPLS 3.2. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang  dengan koefisien jalur sebesar 13,040, green marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang dengan koefisien jalur sebesar 3,207 dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien pada Rumah Sakit Pupuk Kaltim Bontang dengan koefisien jalur sebesar 5,981.


Keywords


Green marketing, Satisfaction, Patient Loyalty.

References


Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. CV Alfabeta : Bandung.

Akbar, M. M. and Parvez, N. 2009. Impact Of Service Quality , Trust And Customer Satisfaction On Customers Loyality. ABAC Journal. Vol. 29. No. 1. 24–38.

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. PT. Refika Aditama Anggota Ikapi : Bandung.

Doyo, Priyanto. 2008. Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Penerbit Andi : Yogyakarta.

Firmansyah, M. Anang. 2019, Pemasaran: Dasar dan Konsep. Cetakan Pertama. Qiara Media: Jakarta.

Farbod, Azar Ebadi., et al. 2015. Evaluation of Green Hospital Dimensions in Teaching and Private Hospitals, Tehran University of Medical Sciences. Journal of Service Science and Management. Vol. 8.

Ghozali, I dan Latan, Hengky. 2014. Partial Least Squares : Konsep, Teknik, Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (Untuk Penelitian Empiris). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Anderson and Tatham Black, 2008, Multivariate Data Analysis, Prentice Hall : USA.

Hasnelly and Yusuf, E. 2012. Analysis of Market-Based Approach on the Customer Value and Customer Satisfaction and Its Implication on Customer Loyalty of Organic Products in Indonesia’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 40, pp. 86–93. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.03.165.

Hawkins, Del I dan Motherbaugh, David. L. 2013. Customer Behaviour : Building Marketing Strategy. Mc Graw Hills : USA.

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabetha : Bandung.

Irkhamni, D. A. and Suharyono. 2017. Pengaruh Penerapan Green marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Treatment Naavagreen Natural Skin Care Cabang Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(3), pp. 33–39.

Ishaq Jayabrata, M., Brahmasari, I. A. and Ratih, I. A. B. 2016. Analysis of The Influence Patient Safety, Service Quality, Marketing Mix, Toward Patient Satisfaction and Patient Loyalty for Inpatients of Private Hospitals in Surabaya, International Journal of Business and Management Invention, 5(4), pp. 2319–8028. Available at: www.ijbmi.org.

Istiana, Galuh Arika, Agung Nugroho Catur S, dan Sukardjo J S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2): 65-73.

Jogiyanto, Hartono. dkk. 2015., Partial Least Square (PLS) : Alternatif Struktural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis. CV. Andi Offset : Yogyakarta.

J. Paul Peter and Jerry C Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jilid 1. Salemba Empat : Jakarta.

Kampani Poppy, Kumadji Srikandi, dan Kusumawati Andriani. 2014. Pengaruh Green marketing Terhadap Nilai Yang Dipersepsikan Dalam Keputusan Pembelian Mobil (Studi pada Konsumen PT Astra International Tbk.–TSO Malang. Universitas Brawijaya Malang.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Pedoman Rumah Sakit Ramah Lingkungan (Green Hospital) Di Indonesia. Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 mengenai Penyelenggaraan Pelayanan Publik. 2003

Khayatin, N., Yulianto, E. and Mawardi, M. K. 2017. Pengaruh Green marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Pelanggan Teh Kotak), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2), pp. 154–161.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2012) Manajemen Pemasaran. Kedua Bela. Jakarta: Erlangga.

Kuswadi, 2004. Cara Mengukur Kepuasan Karyawan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Lapian, Joyclen, 2013. Pengantar Pemasaran Hijau, Graha Cendekia : Jakarta.

Lovelock, Christoper. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Kelompok Gramedia, Indeks, Indonesia.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Salemba Empat : Jakarta.

Lovelock, Wirtz. 2011. Services Marketing (People, Technology, Strategy). Pearson Education Limited : England.

Mardalis, Achmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Balai Pustaka : Jakarta.

Normasari, S., Kumadji, S. and Kusumawati, A. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Tamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2), pp. 1–9.

Ottman, Jacquelyn. A, 2011. Developing Green Products : Learning From Stakeholder. Asia Pacific Journal or Marketing and Logistics. Vol. 10 (1), pp : 22-43.

Parlan, A. V., Kusumawati, A. and Mawardi, M. K. 2016. The Effect of Green marketing Mix on Purchase Decision and Customer Satisfaction ( Study on Independent Consultant of JAFRA Cosmetics Indonesia in Malang )’, Jurnal Administrasi Bisnis, 39(1), pp. 172–178.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 85 Tahun 2015 Tentang Pola Tarif Nasional Rumah Sakit.

Platonova, E. A., Kennedy, K. N. and Shewchuk, R. M. 2008 Understanding Patient Satisfaction, Trust, and Loyalty to Primary Care Physicians, Medical Care Research and Review, 65(6), pp. 696–712. doi: 10.1177/1077558708322863.

Ramanakumar, Manojkrishnan, dan Suma. 2012. Consumer Attitude Towards Green Products Of Fmcg Sector : An Empirical Study. International Journal of Research In Commerce and Management. Vol.3, No.2, Februari 2012.

Rambing, Precylia R., Altjel Tumbel., Hendra N. Tawas. 2015. Pengaruh Strategi Green marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan, Aqua Di Manado. Jurnal EMBA, 3(2).

Satar, Yulisetiarini, D. and Handriyono. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Loyalitas Pada Pasien Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember’, 1(1), pp. 139–150.

Satrianegara, M. Fais. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Teori dan Aplikasi dalam Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Salemba Medika : Jakarta.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Prenadamedia Group.

Srikant K. 2017. A Study On Green marketing Practices In Hospitals Towards A Sustainable Healthcare. International Journal of Innovative Research & Studies. Vol. 7, Issue 11.

Solomon, Michael. R. 2015. Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition. New Jersey : Prentice-Hall.

Suarjana, A. G. M. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dalam Rangka Menciptakan Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Kabupaten Gianyar’, Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 11(1), pp. 46–58.

Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.:

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif : R & D. Alfabeta. Bandung.

Sunarto. 2016. Manajemen Lingkungan Rumah Sakit dalam rangka Mewujudkan Green Hospital. FKIP Universitas Kristen Indonesia. Proceeding Biology Education Conference. Volume : 13(1), pp : 757-762. ISSN : 2528 – 5742. ISSN: 2528-5742.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Tribowo, Cecep. 2012. Perizinan dan Akreditasi Rumah Sakit Sebuah Kajian Hukum Kesehatan. Nuha Medika : Yogyakarta.

Umar, Husein. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. 2009.

Wu, C. 2011. The impact of hospital brand image on service quality, patient satisfaction and loyalty’, African Journal of Business Management, 5(12), pp. 4873–4882. doi: 10.5897/AJBM10.1347.

Yazdanifard, Rashad and Mercy, Igbazuo Erdoo. 2011. The impact of Green marketing on Customer satisfaction and Environmental safety. Vol.5, 637. IACSIT Press : Singapore.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i3.6366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com