ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE SERTA LIFE STYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK J.REP DI KOTA SAMARINDA

DIAH AMARATANI, SYARIFAH HUDAYAH, SRI WAHYUNI

Abstract


The research was conducted at PT. Seraphim Karya Agung is one store J.REP in the city Samarinda. The data was collected through observasion, interview, questionnaires and literature study the was selected through systematically method based on objective research. The result werw analyzed using multiple linier regression analysis, using the t test as hypothesis examination. The used the correlation calculation to determine the influence and significance of product quality, brand image and Life style on product purchasing decision in J.REP Samarinda. The result of this research showed that product quality, brand image and Life style on product purchasing decision in J.REP Samarinda. The equation obtained is U = - 1,682 + 0,318x1 +0,317x2 +0,383x3, means that variables of product quality, brand image and Life style on product purchasing decision have a positive impact on consumer purchasing decisions. The result that based on statistical test that product quality, brand image and Life style on product purchasing decision  have a positive impact on purchasing decisions variables. Values obtained from this study is Adjusted R Square of 0,276. This result indicated that 27,6% consumer purchase decision on the purchase of product J.REP in Samarinda is influenced by variation of the three independent variables, product quality, brand image and Life style. The remaining balance of 72,4% influenced by other variables that had not been examined.

Keywords: product quality, brand image and Life style


References


Andrianto, Hendra Noky.2013.”Pengaruh kualitas produk, citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil jenis MPV merek Toyota Kijang INNOVA di Semarang. .Universitas Diponegoro. Diunduh 18 Maret 2016. Hal. 1-74.

Alfian B.2012.Pengaruh citra merek (brand image) terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova pada PT. Hadji Cabang Polman. Univeristas Hasanuddin, Makassar. Diunduh 15 Mei 2016.

Almi, Nuruli. 2012. The influence of lifestyle to the purchase decision of Kawasaki Ninja Bikes in Pekanbaru. Jurnal manajemen pemasaran, Univeristas Riau, Pekanbaru. Hal.1-15.

Canno, Joseph P, William D. Perreault, Jr.,E. Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran dasar pendekatan manajerial global. Buku 1, Edisi 16. Salemba Empat, Jakarta.

Chriesmaya, Ivane Eka.2012.”pengaruh gaya hidup terhadap keputusan konsumen dalam memilih minimarket Alfamart di Malang”.Universitas Brawijaya. Diunduh 18 Maret 2016. Hal 1-20.

Ferrinadewi, Erna. 2008. merek & psikologi konsumen. Edisi pertama, cetakan pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ghanimata, Fifyanita. 2012.Analisis pengaruh harga, kualitas, produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada pembeli produk bandeng Juwana Elrina Semarang). Universitas Diponegoro. Diunduh 18 Maret 2016. Hal 1-70.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Griffin, Ricky. 2004.Manajemen. Jilid 1, edisi ketujuh. Terjemahan dari Management oleh Gina Gania, M.B.A. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hayat, Afra Wibawa Makna. 2012. Pengaruh lokasi dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada distro ouval research di Buah Batu Bandung. Diunduh 18 Maret 2016.

Kotler, Philip dan G. Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1, edisi ke-12. PT.Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, implementasi dan kontrol. Oleh Hendra Teguh dan Ronny Antonius Rusly. Jilid 1, Edisi 9. PT.Penerbit Erlangga,Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1,edisi kedua belas. Terjemahan dari Marketing Management. Oleh Bob Sabran, MM. PT.Penerbit Erlangga, Jakarta.

. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, edisi ketiga belas. Terjemahan dari Marketing Management. Oleh Bob Sabran, MM. PT.Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lamb, dkk. 2001. Pemasaran Buku 1. Salemba Empat, Jakarta.

Maholtra, Naresh.K. 2009.”Riset pemasaran pendekatan terapan. PT. Indeks, Jakarta.

Moven, John C dan Michael Minor.2001.Perilaku Konsumen. Jilid 1. Terjemahan oleh Lina Salim, S.E.,M.B.A.,M.A. PT. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Schiffman, Leon G and Leslie Lazar Lanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Terjemahan dari Consumer Behavior. OLEH Drs. Zoelkifli Kasip. PT.Indeks. Jakarta.

Setiadi, Nugroho J. SE. MM. 2008. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Edisi pertama, cetakan ketiga. Kencana, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Suryani, Tatik. 2013. Perilaku konsumen di era internet imlpikasi pada strategi pemasaran. Edisi 1, Cetakan pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Umboh, Sisilia Oktavia, Altje Tumbel dan Djuwati Soepeno. 2015. analisis kualitas produk, brand image dan life style terhadap keputusan pembelian pakaian wanita di MISSISSIPI Manado Town Square. Jurnal EMBA, Vol.3, Hal 1096-1105.

Widjaja, Bernand T.2009. Lifestyle Marketing. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Wiratama, Aditya Yoga.2012. Analisis pengaruh produk, persepsi, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek Nike di Kota Semarang. Universitas Diponegoro.Diunduh 18 Maret 2016.

www.jrepclothings.com




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i2.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com