Pengaruh iklan mini drama “AADC” dan celebrity endorser terhadap minat penggunaan aplikasi instant messenger line

Fatih Izzah Qoyyimah, Syarifah Hudayah, Yohanes Kuleh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel Mini Drama dan Celebrity Endorser Keputusan Penggunaan Aplikasi Instant Messenger  LINE pada Smartphone dan untuk mengetahui variabel dari Mini Drama dan Celebrity Endorser mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap Keputusan  Penggunaan  Aplikasi  Instant  Messenger  LINE  pada  Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman)  Dasar  teori  yang  digunakan  adalah  Manajemen  Pemasaran dengan menggunakan alat analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah : Dari hasil analisis diketahui bahwa fungsi regresi linier berganda adalah Y = 197 + 309X1 + 675X2. Hasil analisis yang diperoleh yaitu adanya pengaruh signifikan antara variabel Iklan Mini Drama Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Instant Messenger LINE pada Smartphone dan adanya pengaruh signifikan antara variabel Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Instant Messenger LINE pada Smartphone. Pada penelitian Pengaruh Pengaruh Iklan Mini Drama dan Celebrity Endorser Keputusan Penggunaan Aplikasi Instant Messenger LINE pada Smartphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman), hipotesis yang penulis ajukan hipotesis yang pertama dapat diterima dan terbukti secara statistik, hipotesis kedua juga dapat diterima dan terbukti secara statistic.


Keywords


Iklan mini drama; celebrity endorser; keputusan penggunaan

References


Apjii. 2014. Pengguna Internet di Indonesia. www.apjii.or.id. Di akses pada tanggal Oktober 2015

Banjarmasin Post. 2015. 30 Juta Pengguna Line Ada di Indonesia. http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/10/02/30-juta-pengguna-line-ada-di- indonesia. Di akses pada tanggal 02 Oktober 2015.

Belch, George,.Belch, Micheal A. (2009). Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perpective, 8th Edition. New York : McGraw-Hill.

Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20”,Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis, Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman, edisi pertama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi

Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2009). Marketing Management. 13th edition New Jersey : Pearson Education.

Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, and Ching Tiong Tan. 2010. Marketing Management : An Asian Perspective, 3rd edition (Alih bahasa: Prasetiyo). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller (2012). Marketing Management. 13th edition New Jersey : Pearson International Edition- Prentice Hall.

Murti, Baskoro Ndaru. 20. Analisis Pengaruh Iklan Dan Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olahraga Adidas. Universitas

Noviadhista, Ulwan Fakhri. 2015. BBM masih jadi aplikasi chatting terpopuler di Indonesia, ini sebabnya. http://www.techno.id/apps/bbm-masih-menjadi- aplikasi-chatting-terpopuler-di-indonesia-1507059.html. Di akses pada tanggal 05 Juli 2015.

Nugroho, Agung Buwono. “Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian

Dengan SPSS”, CV. Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

Nugroho, Septiyo Aji. 2013. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Kekuatan Celebrity Endorser Terhadap Brand Awerness Dan Dampaknya Terhadap Brand Attitude Handphone NOKIA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). Universitas Dipenegoro.

Pracista, Ni Muni dan Gede Bayu Rahanatha. Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Ekuitas Merek (Brand Equity) Dari Produk Shampo L‟OREAL Pada Konsumen Wanita Studi Kasus di Kota Denpasar. 2014. Universitas Udayana

Prasasti, Widy. 2014. Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Konsumen Studi: Pada Produk Sticker Aplikasi Jejaring Sosial LINE. Universitas Atma Jaya Jogjakarta

Priyatni, Endah Tri. 2012, Membaca Sastra Dengan Ancangan Literasi Kritis, Edisi 1 cetakan 2, Bumi Aksara

Riduwan dan Kuncoro Engkos Achmad. ”Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis)”, Alfabeta, Bandung, 2008.

Sari, Ayu Puspita. 2014. Pengaruh Daya tarik, Kredibilitas, dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi kasus pada Pengguna Wardah di Kelurahan Air Hitam). Universitas Mulawarman.

Shiffman, Leon, dan Kanuk Leslie Lazar, 2008, Perilaku Konsumen, Edisi 7, Cetakan kedua, Indeks. Jakarta.

Shimp, A. Terence, 2007, Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion, 7 edition. Alih bahasa Revyani Syahrial dan Dyah Anikasari. Ohio. Thompson.

Start up Bisnis. 2013. Rahasia Sukses Line Menggarap Pasar. http://startupbisnis.com/rahasia-sukses-line-menggarap-pasar/. Di akses pada tanggal 18 Juni 2013.

Sugiarto, Deny. 2013. Pengaruh Iklan Dengan Menggunakan Celebrity Endorser Alice Norin Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Memilih Pada Mansion Club Paris Van Java Mall Bandung. Universitas Komputer Indonesia

Sugiyono. “Statistika Untuk Penelitian”, CV Alfabeta, Bandung, 2010.

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ) Bandung : Alfabeta.

Suhendra, Sugoy. 2015. Short Film Advertsing - Part 2. http://www.sugoysuhendra.com/. Di akses tanggal 07 April 2015

Tjiptono, Fandy. 2011. Manajemen & Stratejik Merek. Yogyakarta : Andi Wikipedia. 2014. Perkembangan internet. https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_internet. Di akses pada Maret 2014.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com