Keaktifan jejaring sosial dan lifestyle terhadap perilaku konsumen (studi empirik instagram user mahasiswa s1 universitas mulawarman)

Maulia Syafda M, Herning Indriastuti, Alexander Sampeliling

Abstract


Penelitian ini dilakukan oleh Maulia Syafda M dengan judul “Keaktifan Jejaring Sosial dan Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumen (Studi Empirik Instaram User Mahasiswa S1 Universitas Mulawarman)”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keaktifan jejaring sosial dan Lifestyle terhadap perilaku konsumen. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 orang Instagram User Mahasiswa S1 Universitas Mulawarman. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Keaktifan Jejaring Sosial (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen. Hasil menyatakan bahwa semakin banyaknya informasi menarik yang dimunculkan jejaring sosial maka semakin baik juga perilaku konsumen terhadap akun jejaring sosial yang dimiliki, (2) Lifestyle (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen. Hasil menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat minat konsumen untuk terus mencoba hal-hal terbaru semakin tinggi pula perilaku konsumen.

 

 


Keywords


Keaktifan; Jejaring Sosial; Lifestyle; Gaya Hidup; Perilaku Konsumen

References


Bilondatu, Machrani Rinandha. 2013. Motivasi, Persepsi, Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Di Minahasa, Jurnal EMBA. 1 (3) September: 710-720

Damayanti, Nur Aisyah dan Harti. 2014. Pengaruh Tingkat Keaktifan Pengguna Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 9 Surabaya Dalam Berbelanja Online, Jurnal Unesa.2 (3) 2014: 1-14.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Edisi 5. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kaharu, Debora dan Budiarti Anindhyta . 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic, Jurnal Ilmu Manajemen dan Riset. 5 (3) Maret: 1-22.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Malik, Muhammad Ehsan, Muhammad Mudasar Ghafoor, dan Hafiz Kashif Iqbal. 2012. Impact of Brand Image, Service Quality and Price on Customer Satisfaction in Pakistan Telecommunication Sector, International Journal of Business and Social Science. 3(23) December: 123-129.

Riadi, RM, Sutriati dan Sri Kartrikowati. 2018. Pengaruh Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Riau, JOM FKIP. 5 (1) Juni 2018.

Sari, Dian Eka, Rudy Handoko dan Achluddin Ibnu Rochim. 2015. Pengaruh Online Shop Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Ibu Rumah Tangga Kabupaten Mojokerto (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga Kabupaten Mojotamping, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto), Jurnal Ilmu Komunikasi. Untag Surabaya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta. Bandung.

Umar, Husein. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Utomo, Dea Anggraeni. 2013. Motif Pengguna Jejaring Sosial Google+ Di Indonesia, Jurnal E-Komunikasi. 1 (3) 2013.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v5i4.5368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com