PENGARUH IKLAN ONLINE DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PRODUK SMARTPHONE GALAXY A SERIES

HARAVAN SIAGIAN, PAMASANG S. SIBURIAN, ASNAWATI -

Abstract


Pengaruh Iklan Online Dan Persepsi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung Galaxy A Series (Pembimbing pertama saya Bapak Pamasang S. Siburian dan Pembimbing II Ibu Asnawati). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklan online dan persepsi merek berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli produk smartphone galaksi a series dan untuk mengetahui variable mana yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli produk Smartphone Galaxy A series. Rumus regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah: Y = 1.316 + 0,331b1X1 + 0,414b2X2. Nilai R sebesar 0.555 yang berarti ada efek yang sangat kuat dari iklan online (X1) dan persepsi merek (X2), terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli produk smartphone galaksi a series (Y) yang berarti 0555.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa nilai R Square menunjukkan 30,80%, Ini berarti bahwa iklan online (X1), dan persepsi merek (X2), bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli produk galaksi smartphone a series.Dari uji - F (uji serentak) menunjukkan bahwa nilai Fhitung> Ftabel adalah 14.920> F0,05 (2) (67) = 3,13, itu menunjukkan bahwa iklan online (X1), dan persepsi merek (X2), kedua variable serentak memberikan pengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli produk Smartphone Galaxy A Series (Y), sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan analisis parsial, diketahui bahwa iklan online (X1), dan persepsi merek (X2), memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli produk Smartphone Galaxy A Series (Y) karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel

Kata kunci: iklan online, persepsi merek, keputusan pembelian.


References


Aaker, David. A, 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Darmadi Durianto, dkk. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Cannon, Joseph P, William D. Perreault dan E. Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar (Alih Bahasa Afia R. Firiati dan Ria Cahyani, Edisi 16, Salemba Empat, Jakarta.

Engel, James, Blackwell, Paul, Miniard, 2001, Consumer Behavior , 8.thEdition, Dryden Press, Horcout Brace Cpllege Publisher.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi millennium 1. Alih bahasa Hendra Teguh, dkk. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, E Edisi millenium, Jilid 3, Indeks, Jakarta

Kotler, Philip . 2012. Pengertian Pemasaran. http://manajemenpemasaranblog.blogspot.com/2012/10/pengertian-pemasaran.html?m=1, diakses tanggal 28 Februari 2014.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran, (Alih bahasa Alexander Sindoro) Edisi Kesembilan, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Kelller. 2009. Marketing Management, Thirtteenth Edition, Erlangga, Jakarta.

Novrirahmando Prambudya. 2015. Pengaruh Persepsi Merek Terhadap Keputusan Pembelian http://digilib.unila.ac.id/9455/.

Nugroho, Adi. 2006. E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika.

Ristiyanti, dan John Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Andi. Yogyakarta

Schiffman Leon G, Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behavior. Seventh Edition, Prentice Hall, Internasional Inc. New Jersey.

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta. Kencana Prehada Media Group.

Simamora,2003, Aura Merek 7 Langkah membangun merek paling kuat, Gramedia pustaka,Jakarta.

Swastha Basu DH, dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern, Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

William J. Stanton. 2012. Pengertian Pemasaran. http://manajemenpemasaranblog.blogspot.com/2012/10/pengertian-pemasaran.html?m=1, diakses tanggal 28 Februari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

.