Analisis faktor yang memengaruhi intensitas pembaca mengakses halaman dalam jaringan (daring) prokal.co

felanans mustari, Theresia Militina, Rachmawati Rachmawati

Abstract


Penelitian memiliki tiga tujuan. Pertama, mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang dapat terbentuk dari sedemikian banyak variabel yang memengaruhi intensitas pembaca mengakses halaman daring prokal.co. Kedua, membuktikan dan menganalisis hubungan di antara variabel penyusun terhadap faktor-faktor yang terbentuk. Ketiga, mengetahui hubungan dan pengaruh di antara faktor-faktor yang terbentuk terhadap intensitas pembaca mengakses halaman daring prokal.co. Penelitian memakai tiga alat analisis yaitu analisis faktor, metode korelasi Spearman Rank, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan tujuh faktor dapat disusun dari 25 variabel. Ketujuh faktor tersebut adalah Faktor Sosial, Faktor Individu, Faktor Promosi dan Harga, Faktor Produk, Faktor Psikologi, Faktor Viralisasi, serta Faktor Kemudahan dan Kecepatan. Faktor individu memiliki hubungan paling kuat terhadap intensitas pembaca mengakses halaman prokal.co. Sementara itu, hanya lima faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap intensitas pembaca mengakses halaman daring prokal.co. Kelima faktor itu adalah faktor sosial, individu, promosi dan harga, produk, serta faktor kemudahan dan kecepatan.


Keywords


analisis faktor; spearman rank; regresi linear berganda; media online; perilaku konsumen; minat beli ulang

References


Achmad, Zein. 2012. Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship. Lentera Ilmu Cendikia: Jakarta.

Detik.com, 2016, 16 November, APJII Revisi Hasil Survei Internet 2016, (https://inet.detik.com/cyberlife/d-3339890/apjii-revisi-hasil-survei-internet-2016), diakses pada 15 Januari 2018.

Engel, Blackwell, dan Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara: Jakarta.

Jayakusumah, Herdi. 2011. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Kotler, Philip, dan Keller, Kelvin lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. PT. Indeks: Jakarta.

Kotler, Philip, dan Armstrong, & Gary. 2014. Principle of Marketing, 15th edition. Pearson Prentice Hall: New Jersey.

Lamb, Hair, McDaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta.

Nur, Aulia. 2014, Pengaruh Usia, Tingkat Pendidikan, dan Jenis Kelamin terhadap Perilaku Konsumsi Media. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Peter, J Paul, dan Olson Jerry C. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat: Jakarta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Graha Ilmu: Jogjakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Wendratama, Engelbertus. 2017. Jurnalisme Online. PT Bentang Pustaka: Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v4i1.5198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com