Pengaruh right issue, likuiditas dan profitabilitas terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Yudiyanto Yudiyanto

Abstract


Perusahaan manufaktur mempunyai kontribusi yang besar dalam pembentukan produk domestik bruto di Indonesia. Pada umumnya, perusahaan manufaktur merupakan industri sekunder yang menciptakan produksi buatan pabrik dan dilakukan secara besar-besaran. Berdasarkan 18 perusahaan yang diambil sebagai sampel yang mewakili seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015, ditemukan fenomena gap yaitu perkembangan rata-rata return saham perusahaan manufaktur yang melakukan pengumuman right issue tahun 2013-2015 bergerak fluktuatif. Berfluktuatifnya perkembangan rata-rata return saham dari tahun 2013 sampai 2015, juga turut membuat timbulnya fenomena pada rasio keuangan khususnya likuiditas dengan proksi Current Ratio (CR) dan profitabilitas dengan proksi Return on Asset (ROA). Hasil penelitian menunjukkan right issue, likuiditas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil pengujian berdasarkan koefisien determinasi diperoleh R square adalah 0,297, hal ini berarti bahwa right issue, likuiditas dan profitabilitas dapat menerangkan return saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebesar 29,7%. Adapun nilai koefisien korelasi (R) adalah 0,545 atau 54,5%, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh right issue, likuiditas dan profitabilitas dapat menerangkan return saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia adalah sedang/cukup.


References


Anoraga, Pandji dan Piji Kartika. 2008. Pengantar Pasar Modal, Cetakan Ketiga. Rineka Cipta. Jakarta.

Aini, Nur. 2009. Pengaruh Kinerja Intellectual Capital Terhadap Nilai Pasar Pada Perusahaan Jasa Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Volume 3 Nomor 2.

Atmadja, Lukas Setia. 2008. Manajemen Keuangan. Edisi Revisi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Brealey, A. Richard, Myers and Marcus. 2007. Fundamentals of Corporate Finance. Fifth. Edition. Mcgraw Hill International. New York America.

Brigham, Eugene F dan Housten. 2006. Fundamental of Financial Management. 8th. Dodo dan herman. Manajemen Keuangan. Erlangga. Jakarta.

Evrianto, 2012. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham dan Likuiditas Saham Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Fakhruddin. 2008. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Elekmedia Komputindo. Jakarta.

Ferdian, Reza. 2009. Pengaruh Likuiditas Saham, Return On Equity (ROE) Perusahaan Terhadap Tingkat Pengembalian Saham (Studi Pada Perusahaan Yang Berada Pada Index LQ45 di BEI Periode 2009-2011). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Ghozali dan Solichin. 2003. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap. Reaksi Pasar di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi Perusahaan Volume 10 Nomor 1.

Gitman, J. Lawrence. 2006. Principles of Managerial Finance. 10th edition. Massachusetts: Addison- Wesley Publishing Company.

Hadi, Syamsul. 2009. Dampak Right Issue Terhadap Return Saham. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islami Ekbisi Volume 3 Nomor 2.

Halim, Abdul. 2002. Analisis Investasi. Salemba Empat. Jakarta.

Hanafi, Mamduh M. 2007. Manajemen Keuangan. BPFE. Yogyakarta.

Hardiningsih, dkk. 2012. Pengaruh faktor fundamental dan resiko ekonomi terhadap return saham pada perusahaan di BEJ, studi kasus basic industry & chemical. Jurnal strategi bisnis. Universitas Diponegoro.

Hartanto. 2007. Akuntansi Keuangan Buku Dua. Liberty. Yogyakarta.

Horne, James C Van and John M. Wachowicz. 2005. Fundamentals of Financial: Management Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Penerjemah: Dewi Fitriasari dan Deny Arnos Kwary. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Husnan, Suad. 2005. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. AMP YKPN. Yogyakarta.

Jogiyanto. 2009. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Kisworo, Wenny Dwi. 2011. Analisis Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Expected Return dan Actual Return Saham Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen UIN. Jakarta.

Kusuma, Isnandar Teguh Hendra. 2011. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Manurung, Jonni J., dan Adler H. Manurung, 2009. Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Moneter. Cetakan Pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Martono dan Harjito, A. 2012. Manajemen Keuangan. BPFE. Yogyakarta.

Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan Perusahaan, Edisi Keempat. Liberty, Yogyakarta.

Nugroho, Ady. 2013. Analisis Dampak Pengumuman Right Issue Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurusan Manajemen Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rangkuti, Fredy. 2006. Riset Pemasaran, Cetakan Keenam. Gramedia, Jakarta.

Riyanto, Bambang. 2006. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Cetakan Keempat. BPFE Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Samsul. 2006. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Erlangga. Jakarta.

Sofyan, Syafri Harahap. 2010. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kedelapan. Alfabeta, Bandung.

Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. 2006. Metodologi Penelitian Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.

Sunarto. 2011. Akuntansi Biaya. Edisi Revisi. AMUS. Yogyakarta.

Sutrisno, 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Ekonisia. Yogyakarta.

Syamsuddin, Lukman. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru. Cetakan Kelima. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tandelilin, Eduardus. 2010. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Widoatmodjo, Sawitdji. 2010. Jurus Jitu Go Public. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Wingsih, Yulia. 2013. Analisis Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2008-2012. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Dian Nuswantoro.

Zulfa, Ingga. 2013. Pengaruh Rentabilitas, Likuiditas, Kecukupan Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap return saham pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2011. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Padang.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com