PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULAWARMAN)

ARINDA ZEN TIFFANY, SYARIFAH HUDAYAH, SAIDA ZAINUROSSALAMIA

Abstract


Influence Buying Decision Against Celebrity Endorser Onlineshop Products (a case study in the Faculty of Economics and Business, University of Mulawarman). The purpose of this study was to determine whether the celebrity endorser influence the purchasing decisions of products to be purchased by the consumer in account social.From these results, it is known from multiple linear regression equation Y = 0.272 + 0.237 + 0.265 + 0.240 + 0.251 with a total value is positive, the variables X1 , X2 , X3 and X4 influential Y. That visibility , credibility , power and attraction celebrity endorser influence on purchase decisions onlineshop product.

 Keywords: Celebrity Endorser, Onlineshop.


References


Arwiedya, Mochamad Rizky. 2011. Analisis Pengaruh Harga, Jenis Media Promosi, Resiko Kinerja, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Universitas Diponegoro. Semarang.

Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. CV. Alfabeta. Bandung.

Angipora Marius P. 2002, Dasar-Dasar Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis. Cetakan Ketiga. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Belch & Belch. 2004. Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective. New York: McGraw Hill

Durianto,Sugiarto dan Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utam. Jakarta.

Engel, James F., et.al. 1994. Consumer Behavior. Diterjemahkan oleh F.X.

Budiyanto. Perilaku Konsumen. Edisi keenam. Cetakan pertama. Jilid II. Jakarta: Binarupa Aksara.

Haas W. Robert and Thomas R Wotruba. 2002. Marketing Management Concept Practise and Case, Bussines Publication. Inc, Printed The United State of America.

Hardiman, Ima. 2006. 400 Istilah PR Media dan Periklanan. Jakarta: Gagas ulung.

Hasibuan, Malayu 2005, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Bumi Aksara, Jakarta.

Heruwati, Eni. 2010. Analisis Pengaruh Daya Tarik, Kreadibilitas, Dan Keahlian Celebrity Endorses Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio (Studi Pada Konsumen PT. Harpindo Jaya Jl. Dr. Cipto No. 61 Semarang). Skripsi Universitas Diponegoro.

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philips & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid

Jakarta.

Miciak.AR,& Shanklin,W.L.(1994). Choosing celebrity endoser Marketing Management,5159

Noviandra, Mahestu. 2006, Analisis Pengaruh Modal Iklan Terhadap Prilaku Pembelian Remaja, Kasus pada Bintang Akademi Fantasi Indosiar.

Paul, Peter. J dan Jerry C. Olson, 2000, Consumer Behaviour : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, jilid 1 dan jilid 2, Jakarta : Erlangga.

Pujiyanto. 2003, Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan, Jurnal Marketing, Vol 5, No. 1, Hal 96-109.

Royan, M. Frans, 2004, Marketing Selebritis, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Septo. H, 2004. Pengaruh Kreatifitas Iklan Terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Lux, Telaah Bisnis, Vol 5, No. 2, Hal 157-171.

Shimp, Terence A, 2003, Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Ketujuh, Erlangga, Jakarta.

Stanton, J. William, 2003. Fundamentals of Marketing, Edisi Kelima . Tokyo Graw – Hill Book Company. Kogakusha.

Sukmawati, Andriastika, dan Suyono, Joko, 2005, Analisis Pengaruh Karakteristik Bintang Idola Iklan (Celebrity Endorser) Terhadap Minat Beli Konsumen Sebuah Merek Multivitamin, Jurnal Fokus Manajerial, Vol.3 No.1, Hal 21-33.

Suyanto, 2005, Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia, Yogyakarta : Penerbit Andi

Sutisna., 2003, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga,

Bandung: PT Remaja Posdakarya.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Ketiga.

Cetakan Kesebelas. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2001, Strategi pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga, Andi Offset Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v1i2.437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com