Pengaruh komponen arus kas dan laba kotor terhadap harga saham studi kasus pada perusahaan manufaktur di BEI

Hendra Pranatha

Abstract


Laporan keuangan merupakan sarana yang penting bagi investor dan kreditur untuk mengetahui perkembangan perusahaan secara periodik karena laporan keuangan merupakan sumber informasi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh pemakai laporan keuangan. Investor dan kreditur menggunakan informasi arus kas sebagai ukuran kinerja perusahaan, karena informasi tentang arus kas digunakan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut. Selain arus kas, parameter kinerja perusahaan yang mendapat perhatian utama yaitu laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh komponen laporan arus kas (arus kas operasi, investasi, dan pendanaan) dan laba kotor terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan sampel sebanyak 17 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 - 2014. Alat analisis yang digunakan adalah program SPSS. Hasil yang didapat adalah variabel arus kas dari aktivitas operasi yang signifikan mempengaruhi harga saham dan variabel arus kas dari aktivitas investasi yang signifikan mempengaruhi harga saham, pada tabel 4.8 menunjukkan bahwa angka signifikan untuk variabel arus kas aktivitas operasi adalah sebesar 0.005 dan variabel arus kas aktivitas investasi adalah sebesar 0.031. Nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa arus kas aktivitas operasi dan arus kas aktivitas investasi berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.


Keywords


Komponen arus kas; laba kotor; harga saham

References


Daniati, N. 2006. Pengaruh Kandungan Informasi Komponen Laporan Arus Kas, Laba Kotor, Dan Size Perusahaan Terhadap Expected Return Saham. Simposium Nasional Akuntansi 9 (Padang), K-AKPM 21, Hal. 1-16.

Febrianto, R., 2005. Tiga Angka Laba Akuntansi: Mana Yang Lebih Bermakna Bagi Investor?. Simposium Nasional Akuntansi 8 (Solo), Hal. 159-168.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hapsari, A.. 2008. Pengaruh Informasi Laba Akuntansi, Komponen Arus Kas, Size Perusahaan, Dan Tingkat Leverage Terhadap Expected Return Saham. Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Hidayat, A. Taufik. 2008. Analisis Pengaruh Arus Kas, Komponen Arus Kas, Dan Laba Akuntansi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan LQ45 Di Bursa Efek Jakarta. Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Horngren, Charles T, et.al. 2003. Pengantar Akuntansi Keuangan. Edisi Kedelapan, Jilid Tiga. Erlangga : Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta, Salemba Empat.

Jogiyanto Hartono. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE, Yogyakarta.

Lam, N. dan Lau, P. 2014. Akuntansi Keuangan (Intermediate Financial Reporting). Edisi 10, Buku 2. Salemba Empat, Jakarta.

Meythi. 2006. Pengaruh Arus Kas Operasi Terhadap Harga Saham Dengan Persistensi Laba Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi 9 (




DOI: https://doi.org/10.29264/jimm.v2i4.429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)


Crossref logo 

Editorial Address

Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jimm.feb@gmail.com